• Hari ini : Minggu, 23 September 2018

HSS Peringati Hari Koperasi ke 71

Gelaran – Pasar rakyat yang dibuka oleh Ketua TP PKK Kabupaten HSS Ny Rahmalina Danil.(KP/Ist)

Kandangan, KP – Peringatan Hari Koperasi ke-71 tingkat Kabupaten HSS Tahun 2018 digelar di Lapangan Datu Durabu Kecamatan Kalumpang, Kamis (13/9).

Selain menggelar pameran UKM atau gelaran pasar rakyat yang dibuka oleh Ketua TP PKK Kabupaten HSS Ny Rahmalina Danil, Selain itu, ada pula penayangan video launching e-Koperasi Koperasi Serba Usaha Mustika, Koperasi Pola Syariah Sewarga, dan penayangan video profil lima koperasi berprestasi. Dalam kesempatan itu, Pj Bupati HSS, Drs H Dahnial Kifli MAP, juga melaunching e-Koperasi Pola Syariah serta menyerahkan penghargaan bagi koperasi berprestasi, sertifikat halal untuk Industri Kecil Menengah (IKM) dan sertifikat tanah untuk Usaha Kecil Menengah (UKM).

Pj Bupati HSS, Drs H Dahnial Kifli MAP mengatakan, peringatan hari ulang tahun koperasi ini diharapkan menjadi momentum dan sarana, untuk mewujudkan koperasi yang semakin maju dan semakin jaya ke depannya. Ditambahkannya, pada peringatan Hari Koperasi tingkat nasional tahun 2018, Menteri Koperasi Dan Ukm Republik Indonesia menyampaikan, koperasi memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, untuk memberikan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan. Koperasi menjadi solusi yang tepat untuk melakukan pemerataan pendapatan.

pj Bupati – H Dahnial Kifli saat meninjau pasar rakyat hasil UKM HSS.(KP/Ist)

Dikatakan Pj Bupati, tiga langkah strategis yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM, dalam melakukan reformasi koperasi. Pertama, reorientasi koperasi yang mengorientasikan pemberdayaan koperasi kepada kualitasnya, bukan kepada kuantitasnya. Baik dari segi aspek kelembagaan, usaha dan keuangannya. Kedua, rehabilitasi koperasi yang dimulai dengan membuat database koperasi sebagai dasar pembenahan koperasi, serta ketiga, pengembangan koperasi secara terus menerus yang dilakukan oleh pemerintah. Menutup sambutannya, Pj Bupati HSS mengajak seluruh insan koperasi dan semua yang hadir, untuk bersama-sama memajukan koperasi di Kabupaten HSS, sehingga koperasi menjadi kuat, dan mampu meningkatkan perannya dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.

Sementara, ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kabupaten HSS, Noor Ifansyah SSos, mengatakan, hingga saat ini, sudah banyak yang dilakukan para insan koperasi untuk memajukan koperasi di Indonesia. Dijelaskannya, berdasarkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia, pasal 33 ayat 1 disebutkan, perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan. Hal inilah yang menjadi landasan dasar koperasi. “Susunan ekonomi negara kita bersifat kekekuargaan, dan badan yang paling tepat untuk itu adalah koperasi,” ungkapnya Noor Ifansyah. (noi/K-6)

 

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua