• Hari ini : Selasa, 23 Januari 2018

HSU Tuan Rumah Apel Peringatan Hari Pramuka

APEL BESAR – Peringatan hari pramuka digelar dengan Kabupaten HSU sebagai tuan rumah. (KP/Novendra)
APEL BESAR – Peringatan hari pramuka digelar dengan Kabupaten HSU sebagai tuan rumah. (KP/Novendra)

Amuntai, KP – Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menjadi tuan rumah dalam peringatan Apel Besar Hari Pramuka se Kalimantan Selatan (Kalsel) yang di langsungkan di Lapangan Pahlawan Amuntai, Senin 26/9.

Hadir dalam Apel peringatan hari Pramuka tersebut, Sekda HSU Eddyanor Iddur, Ketua Kwartir Daerah Propinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Rosehan NB, Sekretaris Daerah (sekda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Haris Makkie, Bupati Tanah Laut (Tala), Bambang Alamsyah, serta pengurus Pramuka lainnya se Kalsel.

Pelaksanaan Apel Besar Gerakan Pramuka tampak berlangsung dengan Meriah dengan berbagai macam penampilan keahlian anggota Pramuka yang hadir.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel H Haris Makkie mewakili Gubernur Kalsel.

Sebelum Upacara dimulai para undangan disungguhkan dengan sajian tarian dari Para Pasukan Siaga dan Senam Semaphore dari Pasukan Penggalang dan Permainan Angklung dari Siaga.

Laporan Ketua Kwartir Daerah Kalsel H Rosehan NB mengatakan bahwa Gerakan Pramuka saat ini sudah mendunia dan juga hendaknya terus ditegakkan sehingga para generasi muda bisa menjadi kreatif,Tangguh dan juga Berakhlak Mulia sehingga terhindar dari Narkoba dan pergaulan bebas.

“Pramuka adalah sebuah wadah untuk pengembangan bakat. kemajuan bangsa sangat tergantung dengan gerakan Pramuka karena mereka adalah para generasi muda yang bisa melanjutkan cita-cita para Pahlawan Kemerdekan dulu,” ungkapnya.

Komponen bangsa yang mandiri dan tegar tentunya ingin menciptakan kaum muda yang berbudi pekerti luhur dan siap bersaing di era Globalisasi sekarang ini, lanjutnya.

Dirinya mengajak kepada Pramuka dewasa untuk menyatukan para pramuka Indonesia,Selain itu pramuka sebagai pendidikan non formal karenanya para guru dan orang tua lebih memaksimalkan kegiatan pramuka ini untuk pendidikan anak.

Rosehan ingin menciptakan suasana kepramukaan di sekolah sesuai dengan ravitalisasi gerakan pramuka.
Rosehan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak gubernur, bupati dan walikota, serta legislatif dalam memajukan gerakan kepramukaan.

Sementara itu, dalam sambutannya Haris Makkie mengatakan bahwa pramuka adalah sebuah gerakan yang tidak hanya lahir dan ada di indonesia, tapi gerakan ini ada di seluruh dunia. Gerakan ini diyakini menjadi sangat tepat dan melengkapi seluruh usaha-usaha pendidikan formal yang ada disekolah.

Haris mengajak dalam momentum hari Pramuka kali ini untuk kembali menghayati nilai-nilai kepramukaan
“Mari kita bersama-sama menyambut gembira dan suka cita peringatan pramuka ini. Untuk itu dalam rangka melihat masa depan yang lebih baik, mari kita bersama-sama untuk menghayati nilai-nilai kepramukaan,” katanya.

Dirinya juga mengatakan bahwa masa depan yang lebih baik itu tidak akan pernah datang dengan sendirinya. Masa depan haruslah kita rancang bersama-sama, potensi yang dimiliki oleh anak-anak kita yang dibawa dari lahir tidak akan tumbuh berkembang kecuali difasilitasi, dan diberikan kondisi untuk tumbuh secara maksimal.

Kita percaya dengan potensi yang maksimal, baik potensi intelektual, potensi motorik keterampilan potensi karakter yang baik, potensi komunikasi yang baik, maka anak-anak dengan seluruh potensi yang tumbuh berkembang itu, lebih dimungkinkan akan menggapai hari esok yang lebih baik.

Dirinya juga meminta kepada seluruh anggota pramuka untuk terus dan selalu mengamalkan Dasa Dharma,karena hal tersebut mencerminkan sikap dan perilaku di lingkungan sekitar.

”Selalu dan terus lakukan Dasa Dharma dan Tri Satya seorang Pramuka agar tercermin sikap yang baik di lingkungan sekitar,” katanya. (nov/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua