• Hari ini : Senin, 23 April 2018

Jalan Pulpis-Bahaur Strategis untuk Perekonomian

Kelotok, perahu bermesin ini masih menjadi sarana transportasi utama bagi masyarakat Bahaur.
Kelotok, perahu bermesin ini masih menjadi sarana transportasi utama bagi masyarakat Bahaur.

Pulang Pisau, KP – Jalan Pulang Pisau-Bahaur dinilai sangat strategis untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Sesari itu Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau menganggarkan Rp40 miliar guna peningkatan jalan tersebut.

“Pembangunan jalan itu ditangani pemerintah provinsi, jadi kita hanya mendukung pembangunan jalan kecamatan dan desa,’’ kata Kabid Bina Marga Dinas PU Pulang Pisau, Fahrial Anzhar, beberapa waktu lalu.

Ruas Pulang Pisau-Bahur menghubungkan empat kecamatan. Yakni Kecamatan Maliku, Pandih Batu, Kahayan Kuala, dan Sebangau Kuala.

Empat kecamatan itu merupakan basis ekonomi Pulang Pisau, karena hasil dari sektor peternakan dan pertanian.

“Pulang Pisau penghasil ternak peringkat pertama untuk suplai kebutuhan di Kalteng dan untuk produksi padi, Pulang Pisau juga menyuplai terbanyak kebutuhan beras di Kalteng setelah Kapuas,’’ katanya.

Percepatan pembangunan bidang pertanian tahun ini ada program cetak sawah seluas 2.000 hektare.

Ini sesuai keinginan pemerintah pusat dan provinsi. Untuk provinsi akan mencetak 10.000 hektare.

Program cetak sawah baru ini untuk meningkatkan produksi pertanian padi. Menurutnya dengan besarnya potensi itu, peran infrastruktur untuk mendukung pembangunan sangat penting.

Dengan adanya penanganan jalan Pulang Pisau-Bahaur, pihaknya lebih terkonsentrasi dengan jalan desa yang perlu penangan serius, sehingga hasil produksi petani bisa dijual ke luar. (net/K-8)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua