• Hari ini : Rabu, 15 Agustus 2018

Jelang Puasa Permintaan Kurma Makin Tinggi

Kurma buah asal Timur Tengah permintaannya masih tinggi hingga akan memasuki jelang Ramadhan kurma yang paling dicari warga kurma curah Madu karena harganya yang sangat terjangkau kantong.

BANJARMASIN, KP – Hingga sepekan akan memasuki bulan suci Ramadhan permintaan buah kurma curah asal Timur Tengah masih tinggi. Setiap memasuki bulan Ramadhan permintaan buah kurma dari masyarakat mengalami kenaikan karena buah kurma menjadi menu wajib disaat berbuka puasa atau menjadi sunah Nabi sebelum makan makanan lainnya.

Hal ini dikatakan Hj Ifah Distributor kurma Ipa Nur Grup Pasar Baru, kepada wartawan kemaren dikantornya.

Hj Ifah mengaku, ia sudah 1 bulan lebih sudah melakukan order ke Distributor Besar Surabaya dan Jakarta, untuk memesan buah kurma Timur Tengah dan Amerika karena jelang Ramadhan permintaan buah kesukaan nabi ini naik.

“Sebelumnya ketika memasuki dimusim umrah haji permintaan buah kurma juga mengalami lonjakan permintaan karena para keluarga jemaah terlebih dahulu membeli sebagai sajian para tamu yang datang, seiring adanya pembatasan barang bagasi dari pihak maskapai penerbangan,” jelas pengusaha travel ini.

Hingga awal Ramadhan nanti puncaknya permintaan buah kurma ini ada kenaikan permintaan dikisaran 30 hingga 70 persen jika dibanding hari biasanya, namun pihaknya sudah mengantifasi dengan menyiapkan ribuan kilo gram hingga lebaran Idul Fitri 2018.

Saat ini permintaan buah kurma banyak datang dari para toko kecil dan besar baik dari kabupaten dan kota hingga provinsi tetangga Kalteng.

Menurut Hj Sanah pedagang di Pasar Sudimampir, soal harga kurma belum ada lonjakan yang berarti untuk harga walaupun dollar sempat menguat seperti kurma madu Rp80 ribu yang biasa curah sedangkan yang super seperti kurma USA atau Mezol dikisaran Rp250 hingga Rp260 ribu per kilonya.

Namun, setiap Ramadhan yang laris manis justru kurma yang harga standar biasa dikisaran harga Rp20 ribuan kurma Madinah dan Mesir, dan kurma kotakan lengkap dengan tangkainya dikisaran harga Rp50 hingga Rp60 ribu per kotak.

“Sedangkan Kurma Nabi Azwa serta kurma USA biasanya dibeli kalangan menengah keatas, karena harga jualnya cukup tinggi sekilonya,” sebut Sanah, yang sudah 15 tahun jualan kurma dikawasan Sudimampir.

“Kita jualan kurma tidak hanya menjelang bulan Ramadhan tetapi pada hari biasa tetap jualan, namun pembelian kurma tidak sebagus pada bulan Ramadhan permintaan tidak hanya datang dari Banjarmasin, namun datang dari Kalteng dan Banua Enam untuk dijual kembali,” tambah, Faqih, distributor kurma Kampung Melayu.

Ditambahkan Paqih, ditempatnya tidak hanya menjual kurma asal Timur Tengah dari harga yang murah hingga yang mahal namun ada juga Kurma USA yang terkenal dengan buahnya sangat besar perbandingan dengan kurma biasa 3 banding 1.

Disinggung kondisi stok kurma, menurut Paqih biasanya para distributor besar mendatangkan buah kurma 2 bulan sebelum Ramadhan.

“Biasanya kita mendatangkan dua hingga tiga kontainer untuk melayani permintaan,” ujarnya. (hif/K-7)

loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua