• Hari ini : Rabu, 18 Juli 2018

Jembatan Sei Puting Segera Dibangun

Anggota komisi III DPRD kabupaten Tapin saat membahas bersama PT. AGM dan pihak-pihak terkait menyangkut rencana pembangunan jembatan penyeberangan di desa Sungai Putting kecamatan CLU kabupaten Tapin. (KP/H Basri)
Anggota komisi III DPRD kabupaten Tapin saat membahas bersama PT. AGM dan pihak-pihak terkait menyangkut rencana pembangunan jembatan penyeberangan di desa Sungai Putting kecamatan CLU kabupaten Tapin. (KP/H Basri)

Rantau,KP-Jembatan Sungai Puting di wilayah kecamatan Candi Laras Utara (CLU) kabupaten Tapin dipastikan dalam waktu dekat akan segera dibangun.

Menyikapi keinginan warga masyarakat terkait adanya jembatan penyeberangan sei Putting penghubung Kabupaten Tapin-Batola, Komisi III DPRD Tapin usulkan pembangunan jembatan yang refresentatif.

Selama ini penghubung daratan wilayah Kabupaten Tapin-Batola untuk akses masyarakat hanya menggunakan satu buah feri penyebrangan yang dinilai sudah tidak dapat menampung banyaknya masyarakat yang ingin menyeberang, sehingga banyak desakan dari warga masyarakat agar segera dibangunkan jembatan.

“Karena banyak masyarakat yang melintas, sehingga sudah waktunya dibangunkan sebuah  jembatan”, kata Abdul Hadi salah satu tokoh masyarakat disana.

Sementara itu, Komisi III DPRD Provinsi Kalsel bersama Komisi III DPRD Tapin bidang infrastruktur belum lama tadi sudah mengusulkan rencana pembangunan jembatan penghubung antara Kabupaten Tapin-Batola.

Seperti yang diungkapkan oleh H Hanafi Gobet anggota Komisi III DPRD Kabupaten Tapin, “menyikapi keinginan masyarakat akan adanya jembatan penyeberangan “Sungai Puting” penghubung antara Kabupaten Tapin dan Kabupaten Barito Kuala, pihaknya telah membahas bersama Komisi III Provinsi dan Komisi III Kabupaten Tapin, sudah membicarakan langkah kedepan terkait pembangunan jembatan”.

Dikatakan oleh Hanafi Gobet bahwa warga masyarakat mengharapkan sebuah jembatan yang refresentatif bukan hanya sebuah jembatan penghubung namun jembatan yang dapat menjadi daya tarik wisata yang ingin dibangun di penyeberangan sungai puting nanti.
“Sehingga rencana pembangunan jembatan nanti untuk jangka panjang kedepan”, ungkapnya.

Rencana pembangunan jembatan juga sudah dibahas bersama PT. AGM yang sangat mendukung rencana pembangunan jembatan tersebut, terkait tindak lanjut rencana itu Komisi III provinsi akan mengkonsultasikan kembali dengan pihak provinsi.

Arus lalu lintas yang padat diharapkan dengan adanya jembatan penghubung antar Kabupaten juga dapat meningkatkan prekonomian dan efisiensi waktu bagi masyarakat.

“Sehingga nantinya jembatan ini dapat dimanfaatkan bersama-sama, dimana saat ini masyarakat sudah sangat membutuhkan jembatan tersebut”. tandas Hanafi Gobet.

Terkait hasil rapat bersama dengan PT AGM, saat Kunker Komisi III provinsi beberapa waktu lalu, selain membahas jembatan penyeberangan, juga membicarakan kesejahteraan masyarakat disekitar lingkungan PT AGM, minimal wilayah ring 1 yang manjadi oleh operasi kerja perusahaan.

Sementara itu Gubernur Kal-Sel H Sahbirin Noor beserta jajaran sudah meninjau lokasi Sei Puting dan melalui Dinas PU Provinsi sudah menganggarkan untuk pembangunannya. (ari/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua