Jembatan Sungai Rawi Ambruk

ditulis pada 28 September 2017

Jembatan Sungai Rawi yang menghubungkan Desa Tumbang Miwan-Tumbang Rawi, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, ambruk, Rabu (27/9).

Kuala Kurun, KP -Jembatan yang membentang di atas Sungai Rawi, penghubung Desa Tumbang Miwan dengan Desa Tewang Pajangan, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, ambruk, Rabu (27/9) pagi.

Jembatan itu tidak mampu menahan terpaan derasnya arus Sungai Rawi pascadiguyur hujan lebat pada Rabu malam.

“Perkiraan jembatan ambruk pagi tadi saat Sungai Rawi meluap cukup deras,’’ kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunung Mas M Rusdi saat temui wartawan.

Mendengar informasi jembatan ambruk, Rusdi bersama anggota DPRD Gunung Mas dan pejabat Dinas Pekerjaan Umum langsung meninjau ke lokasi.

Hasilnya, ditemukan kerusakan jembatan tegolong sangat parah.

“Jembatan Sungai Rawi sudah dua kali ambruk. Namun kali ini kerusakannya lebih parah dari sebelumnya. Kami akan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk penanganan jembatan. Minimal penanganan darurat,’’ ujarnya.

Menurut Rusdi, akibat jembatan ambruk para pelajar kesulitan pergi ke sekolah. Padahal cukup banyak pelajar dari Desa Tumbang Miwan yang bersekolah di Desa Tewang Pajangan.

Begitu pun sebaliknya, ada juga pelajar dari Desa Tewang Pajangan yang bersekolah di Desa Tumbang Miwan.

“Akses jalan lain memang ada. Namun jaraknya cukup jauh. Sehingga jembatan yang ambruk perlu ditangani secara darurat agar bisa dilewati,’’ ujar Rusdi.

Sementara anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Lily Rusnikasi meminta supaya jembatan yang ambruk akibat diterjang arus Sungai Rawi cepat ditangani pemerintah daerah.

Pasalnya jembatan tersebut merupakan akses utama penghubung.

Menurut politisi PDIP itu, untuk jembatan Sungai Rawi minimal ditangani secara darurat, supaya jembatan ini tetap berfungsi dan bisa dilintasi masyarakat, karena banyak pelajar yang melewati jembatan ini untuk ke sekolah. (net/K-2)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.