• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Juara Festival Drum Band Piala Gubernur ke 4

Juara Festival Drum Band bersama Drs H Khairul Saleh dan Heriyadi
Juara Festival Drum Band bersama Drs H Khairul Saleh dan Heriyadi

Banjarmasin, KP – Dinas Pemuda dan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Provinsi Kalimantan selaku panitia Festival Drum Band Piala Gubernur IV, bekerjasama dengan PDBI (Persatuan Drum Band Indonesia) Kalsel, berhasil menetapkan para Kamis (28/7) kemarin.

Dalam Festival Drum Band yang diikuti 17 tim di GOR Hasanuddin HM mulai Rabu (27/7), juara Klasemen Utama, MB Gita Patria Pramuka Pemko Bjm (I), MB Diva Swara Dharma Kota Bjm (II), DC Genderang Irama MAN2 Model Bjm (III).

Pada klasemen Lanjutan Brass, juara I DB Gita Swara MAN 1 Bjm, II DB GM FKPPI Kalsel Bjm, III DB Generasi Muda Selidah Marabahan Batoola.

Juara klasemen Lanjutan Non Brass, I DB Gema Citra Mulawarman MtsN Mulawarman Bjm. II DB Gita Bahana Cempaka SMPN 9 Bjm. III DB Swara melodi Sanmar SMP Santa Maria Bjm. IV DB Gita Bahana Matsada MtsN Gambut Kab. Banjar. V DB Cicya Adhikarya SMAN 1 Kotabaru.

Juara pada Klasemen Pemula, I DB Gita Senada Cinta MDM Sei Kindaung Bjm. II DB Gita Cahaya Telaga Biru 1 Kota Bjm. III DB Gita Memorita MIN Model Martapura Kab Banjar.

Tetap Berlatih

Kabid Keolahragaan Disporbudpar Kalsel Drs H Khairul Saleh,SH, ketika menutup Festival Drum Band Gubernur Cup IV, meminta agar semua tim peserta, baik yang telah berhasil meraih gelar juara maupun yang belum, agar tetap berlatih dan berlatih, karena even tersebut akan rutin digelar setiap tahun.

‘’Insya Allah, festival drum band ini akan rutin digelar setiap tahun,’’ jelas Khairul Saleh yang didampingi PPTK Drs Heriyadi dan Kasi Olahraga Prestasi Porbudpar H Abu Sufian M.Ikom.

Khairul Saleh juga menyampaikan penghargaan dan terimakasih pada PDBI Kalsel yang dipimpin langsung Ketua Harian PDBI Kalsel Abdul Wahid al Banjari, yang berperan sebagai juri.

Tujuan digelarnya festival, sebagai ajang untuk mengevaluasi kemampuan tehnik dan skill tim-tim drumband yang ada di daerah ini. Semua tim peserta bisa menambah pengalaman tanding dan mempelajari tehnik permainan serta penampilan tim lainnya guna lebih menyempurnakan penampilan drumband mereka agar menjadi lebih baik lagi kedepannya..

‘’Dengan adanya even festival ini klub-klub drumband yang ada, diharapkan meningkatkan motivasi mereka lebih giat berlatih, karena ada ajang yang dapat dijadikan sarana evaluasi dan menambah pengalaman bagi anggota-anggota timnya,’’ papar Khairul .

PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan) Drs Heriyadi menjelaskan, jumlah peserta festival Piala Gubernur IV ini lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu dikarenakan banyak anggota tim drumband yang mengalami perubahan dalam status pendidikannya.

Sebelumnya mereka siswa SMP kelas III, kemudian lulus jadi siswa SMA, maka dia terpaksa keluar dari timnya, yang kemudian bagi drumband bersangkutan memerlukan proses untuk mendapatkan pemain penggantinya.

‘’Itulah sebabnya beberapa drumband tidak bisa menyiapkan tim mereka  secara dadakan, karena butuh waktu dan latihan   intensif untuk membentuk tim drumband yang baru,’’ tandas Heriyadi. (k-9)

Tag:,
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua