• Hari ini : Rabu, 18 Juli 2018

Jumlah Pencari Kerja Cukup Tinggi

KP/Ilustrasi  Pencari Kerja. (net)
KP/Ilustrasi Pencari Kerja.

Paringin, KP – Kepala Dinsosnakertran melalui kabid Tenaga Kerja M Johansyah mengatakan jumlah pencari kerja di kabupaten Balangan masih tinggi. Tercatat di Dinsosnakertran pada akhir Juli tadi sedikitnya ada 773 orang tercatat membuat kartu pencari kerja/kartu kuning (AK1).

“Ada 773 orang yang mengurus AK1 atau kartu kuning,” ujar Johansyah, kepada awak media, belum lama tadi.
Dari 773 pencari kerja ini, lanjutnya, 52 orang diantaranya sudah mendapat pekerjaan.

Tingginya jumlah pencari kerja di kabupaten Balangan tentu dipengaruhi dengan perkembangan pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah.

Selain itu terus bertambahnya jumlah penduduk, serta adanya lulusan sekolah yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi.
“Namun ada juga yang kena PHK diperusahaan dimana dia bekerja sebelumnya, seperti diperusahaan tambang,” jelasnya.

Untuk jumlah pencari kerja sendiri, kata dia, tentu bertambah banyak jika dikalkulasikan dengan jumlah pencari kerja tahun sebelumnya yang belum mendapat kerja.

“Untuk mempermudah para pencari kerja kami selalu memberitahukan laporan lowongan kerja yang disampaikan oleh perusahaan yang beroperasi di Balangan bagi mereka pencari kerja,” katanya.

Terkait lowongan kerja yang disampaikan perusahaan ini, menurut Johansyah, merupakan sebuah kewajiban bagi perusahaan.

“Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) No.4 Tahun 1980 tentang wajib lapor lowongan pekerjaan. Jadi, perusahaan wajib melaporkan jika ada kesempatan kerja di perusahaannya,” tegasnya.

Ia menambahkan, dalam pasal 2 Keppres No.4 Tahun 1980 tersebut dijelaskan bahwa setiap perusahaan wajib melaporkan secara tertulis ke instansi terkait apabila ada lowongan pekerjaan.

“Selain itu, bagi perusahaan yang sudah menerima tenaga kerja dapat juga melaporkan ke Dinsosnakertrans Balangan sehingga bisa terdata berapa jumlah pencari kerja yang sudah mendapat pekerjaan,” tegasnya. (jun/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua