• Hari ini : Selasa, 23 Januari 2018

Jumpa Pers Harjad ke-56 Kabupaten Batola

Marabahan, KP – Sesuai dengan Tema peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-56 Kabupatn Barito Kuala (Batola) tahun 2016, Bupati setempat H Hasanuddin Murad mengajak seluruh unsur dan lapisan masyarakat serta para apatur di desa dan kabupaten, untuk bersama-sama meningkatkan kinerja lebih optimal dari tahun-tahun sebelumnya, sesuai dengan misi dan visi Pemkab Batola tahun 2012-2017 yakni SamaRasa.

Di mana, kegiatan pembangunan di tahun 2015, merupakan bagian tak terpisahkan dari proses dan hasil kinerja tahun sebelumnya. Untuk itu, di tahun 2016 nanti, di samping diharapkan menjadi landasan yang kuat untuk mengoptimalkan kinerja serta pembangunan yang ingin dicapai untuk kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

“Dengan tema yang ambil pada peringatan Harjad ke-56 Kabupaten Batola tahun ini, yakni `Bersama Membangun Desa’, maka semua pembangunan nanti akan difokuskan untuk kesejahteraan dan kepentingan masyarakat kita di desa,’’ tutur Hasan, sapaan akrab Bupati Batola itu, saat menyampaikan sambutan, pada acara jumpa pers dalam rangka Harjad ke-56 Kabupaten Batola yang berjuluk ‘Bumi Ije Jela’ ini, di Aula Bahalap, Selasa (29/12).

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati H Ma’mun Kaderi, Wakil Ketua DPRD Anis, Sekda H Supriyono, para perwakilan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), para kepala SKPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, LSM dan OKP, serta para wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik. Lebih lanjut dikatakan bupati, bahwa kunci utama pencapaian visi dan misi adalah sinergitas yang terbangun dari seluruh komponen masyarakat yang ada di daerah ini, baik yang berasal dari setiap unsur golongan masyarakat, maupun dari segenap unsur aparatur pemerintahan daerah, termasuk besarnya dukungan dari pemerintah Provinsi Kalsel dan Pemerintah Pusat.

“Dengan tetap menjadikan SamaRasa sebagai pola pikir, pola sikap dan pola prilaku dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang berkelanjutan di Bumi Ije Jela ini,’’ katanya. Berpijak pada potensi alami yang dominan dan profesi masyarakat Kabupaten Batola, yang sebagian besar pertanian, maka daerah ini memantapkan jati diri sebagai kabupaten penghasil beras terbesar, sekaligus daerah penyangga pangan di Provinsi Kalsel. “Karena itu, pemerintah kabupaten patut mengedepankan kegiatan pertanian, sebagai aktivitas utama perekonomian masyarakat di daerah kita ini,’’ ujarnya.

Sedang untuk bidang ekonomi, lanjut Hasan, Pemkab Batola kini berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat dengan terus melantjukan pembangunan infrastruktur, seperti jalan, jembatan dan sebagainya.

Selain itu, juga dipaparkan capaian kinerja bidang ekonomi, bidang pertanian, perikanan dan kelautan, kehutanan dan perkebunan, pendidikan dan kesehatan, infrastruktur, hingga bidang lainnya termasuk pengelolaan dana desa, khususnya memasuki tahun keempat kepemimpinan Bupati H Hasanuddin Murad dan Wakil Bupati H Ma’mun Kaderi. Usai memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan dialog, yang dipimpin Sekda H Supriyono, dan semua jawaban diserahkan kepada kepala SKPD, sesuai dengan instansi yang ia pimpin.

Dalam dialog tersebut, terungkap berbagai permasalahan terkait pembangunan di daerah itu, serta masukan dan saran dari para peserta, untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Batola. (adv/K-6)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua