• Hari ini : Minggu, 19 Agustus 2018

Kabupaten Hulu Sungai Selatan Terpilih tuan rumah Porprov XI

Bambang Heri Puranam, HM Welny, Enly Hadianoor dan pengurus KONI usai Rakonprov.

Banjarmasin, KP – Rapat Anggota Komite Olahraga Provinsi (Rakonprov) Kalimantan Selatan memilih Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI tahun 2021.

Kabupaten HSS menang voting sebanyak 25 suara, unggul tipis dari Kota Banjarmasin yang meraih sebanyak 24 suara, sementara Kota Banjarbaru hanya meraih 13 suara pada Rakonprov Kalsel yang diselenggarakan di Hotel Best Western Banjarmasin, Kamis malam(11/5).

Sebenarnya, dalam Rakonprov tersebut ada sebanyak 63 suara yang berhak memilih calon tuan rumah Porprov XI tahun 2021 tersebut, namun hanya 62 suara yang sah, satu suara dinyatakan tidak sah atau rusak.

Ketua KONI Kalsel H Bambang Heri Purnama menyatakan, selamat atas dipilihnya Hulu Sungai Selatan dalam Rakonprov menjadi tuan rumah Porprov XI tahun 2021.

Bambang mengapresisasi atas berjalan aman dan lancarnya acara Rakonprov Kalsel tahun buku 2017 sekalian pemilihan tuan rumah Porprov XI tahun 2021 ini meski terjadi persaingan ketat.

“Hasil pemilihan ini akan KONI provinsi serahkan kepada gubernur, sebab penentu trakhir adalah beliau,” ujar Bambang usai acara tersebut.

Menurut Bambang Hulu Sungai Selatan belum pernah sama sekali menjadi tuan rumah Porprov, sementara dua calon lain Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru sudah pernah.

“Jadi baik juga untuk pemerataan, di mana daerah yang belum pernah menjadi tuan rumah Porprov diberi kesempatan,” ucapnya.

Bambang optimis Kabupaten Hulu Sungai Selatan akan bisa memberikan pergelaran Porprov XI dengan sangat meriah, lebih meriah dari gelar Porprov X tahun 2017 di Kabupaten Tabalong.

“Yang paling penting, Hulu Sungai Selatan bisa mulai membangun vinue-venue olahraga sedari sekarang, hingga semua cabang olahraga nantinya bisa dipertandingkan,” ujar Ketum KONI Kalsel yang memiliki tubuh kekar ini.

Tampilkan Atraksi Budaya

Perebutan tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI tahun 2021 di Provinsi Kalimantan Selatan yang diikui tiga daerah, yakni, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Hulu Sungai Selatan berlangsung seru.

Keseruan yang terjadi pada Rakonprov Kalsel tahun buku 2017 di Hotel Best Western Banjarmasin, Kamis, dengan adanya atraksi budaya yang ditampilkan daerah yang berminat jadi tuan rumah Porprov XI.

Calon tuan rumah yang menampilkan atraksi budaya itu, Banjarmasin menampilkan pencak siilat budaya dan karate, serta peragaan atlet tari dan dancesport, Kota Banjarbaru dengan kesenian Bamanda dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan tari Indung khas tarian suku dayak.

Atraksi budaya ini sebagai rangkayan acara para pemangku olahraga di tiga daerah untuk mempersentasikan kesiapan diri menjadi tuan rumah Porprov XI.

Calon tuan rumah Porprov XI yang pertama maju mempersentasikan kesiapan diri menjadi tuan rumah Porprov selanjutnya setelah Porprov X di Kabupaten Tabalong pada 2017 adalah Kota Banjarmasin yang merupakan ibu kota provinsi.

Persentasi kesiapan Banjarmasin untuk menjadi tuan rumah Porprov XI disampaikan Plh Sekdakot Banjarmasin H Hamdi didampingi Ketua KONI, H djumadri Masrun dan pengurus KONI kota tersebut.

Sementara kesiapan Kota Banjarbaru menjadi tuan rumah dipersentasikan langsung sang Wali Kotanya H Nadjmi Adhani dan Wakil Kota Darmawan Jaya, hadir pula Ketua DPRD dan Ketua KONI Banjarbaru, Daniel Itta serta unsur pimpinan daerah lainnya.

Sedangkan kesiapan Kabupaten Hulu Sungai Selatan menjadi tuan rumah Porprov XI dipersentasikan Plt Bupatinya H Ardiansyah.

Ketua KONI Hulu Sungai Tengah, Drs Fathurahman menyambut gembira terpilihnya HSS sebagai tuan rumah Porprov XI.

“HST awalnya ingin maju sebnagai calon, namun setelah mengetahui bahwa HSS sangat serius untuk maju, maka HSY mengundurkan diri,” papar Fathurahman

Pria berkumis melaintang ini mengutarakan pula bahwa kontingennya mungkin sebagian kecil saja bermalam di Kandangan ibukota HSS pada saat Porprov XI, karena jarak Barabai ke Kandangan sangat dekat, sehingfa mudah saja pulang pergi, katanya.

Sekretaris Tanah Bumbu, Drs riduan, MM mengaku jarak Batulicin ke Kandangan tidak terlalu jauh, karena memotong jalur lewat Padang Batung, jadi tidak ada masalah untuk transfortasi, paparnya. (nets/nfr/k-9)

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua