• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Kabupaten/Kota siap dukung Kalsel tuan rumah PON XXI

Gub Paman Birin dan Bambang Heri Purnama. (Kp/nafarin fauzy)

Banjarmasin, KP – Seluruh Kabupaten/Kota menyatakan siap mendukung Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON (Pekan Olahraga Nasional) ke XXI tahun 2024, dengan mempersiapkan venues-venues (tempat pertandingan) yang sesuai standar nasional dan internasional.

Kesiapan 13 kabupaten kota tersebut, terungkap dalam pertemuan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel, dengan Dispora 13 kabupaten kota di Banjarmasin Selasa (9/1) kemarin, yang juga dihadiri utusan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), Fitri Rifani, Hesly Junianto, Mursyid Arpan dan Syaifullah.

Dalam pertemuan yang dipimpin Kadispora Kalsel, Zakly Asswan, didampingii Kabid Pembudayaan Olahraga Yuyu Rahmat, Kabid Pembinaan Olahraga Prestasi, abdul Hamid, Kabid Pemberdayaan Pemuda Didit Hadi Safitri dan para staff. Terrungkap bahwa semua kabupaten kota telah memiliki beberapa venues, bahkan beberapa daerah sedang membangun fasilitas olahraga yang memiliki standar nasional dan internasional.

‘’Dari peremuan dengan para Kadispora 13 kabupaten kota tersebut, ternyata hamper semua daerah sudah menyiapkan beberapa venues yang merupakan cabang olahraga andalan daerah mereka, sehingga nantinya bisa dipergunakan untuk tempat pertandingan ajang multi event nasional empat tahunan bila Kalsel menjadi tuan rumah PON XXI tahun 2014,’’ jelas Zakly.

Kesiapan daerah-daerah tersebut, kata Zakly Asswan yang mantan pegulat andalan Kalsel ini, sangat sejalan dengan keinginan Guberrnur Kalsel Sahbirin Noor, dengan semboyan ‘Bergerak’ singkatan dari Berjuang Gelorakan rakyat, dengan demikian bisa dilihat bahwa semua daerah memang sudah bergerak untuuk menyukseskan dan mendukung Kalsel jadi tuan rumah PON, , tukas Zakl;y.

Gubernur Tetap Tegaskan

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor, bertekad menjadikan provinsinya sebagai tuan rumah perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2024. Sebab, ia melihat bahwa Kalsel tak kalah saing dengan wilayah lainnya.

“Kalau Papua saja bisa menjadi tuan rumah PON, kenapa kita tidak,” ucap orang nomor satu di jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel tersebut, yang disambut tepuk tangan penonton.

Ia mengatakan, Pemprov Kalsel sudah mengambil langkah-langkah untuk mewujudkan hal tersebut. Mulai dari mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah PON maupun dalam hal pelaksanaan.

“Untuk mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah PON XX, kami sudah melakukan lobi-lobi atau pendekatan antara lain dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, Paman Birin –panggilan akrab lain terhadap Sahbirin– juga telah mempromosikan Kalsel kepada beberapa pihak terkait. Salah satunya adalah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

Mengenai arena PON XX, dia menyatakan, Pemprov Kalsel sudah melakukan berbagai persiapan, antara lain menginventarisasi rencana tempat pertandingan atau lomba. Begitu pula untuk pembangunan pusat kegiatan olahraga (sport center), akan mulai dibangun pada 2018.

Ia pun berharap hal ini dapat terwujud. Karena itu, Sahbirin meminta dukungan serta doa dari seluruh penduduk Kalsel.

“Rencananya tim dari Kementerian Pemuda dan Olahraga akan melakukan verifikasi pada Januari atau Februari 2018 terkait persiapan dan kesiapan sebagai tuan rumah PON XXI,” tukas Paman Birin. (k-9)

 

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua