• Hari ini : Jumat, 22 Juni 2018

Kades Ujung Tombak Pembangunan

Diacara malam pisah sambut Dandim 1001/Amt-Blg, Bupati Balangan H Ansharuddin berikan cenderamata kepada Dandim 1001/Amt-Blg Letkol Aria S Saleh yang akan pindah tugas, Minggu kemarin di Mahligai Mayang Maurai. (KP/Ist)

Paringin, KP – Kepala desa merupakan ujung tombak pemerintahan yang memberi pelayanan kepada masyarakat dan mennyampaikan program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah, kata Bupati Balangan H Ansharuddin, belum lama tadi.

Sebagai ujung tombak pemerintahan, kepala desa harus bekerja ekstra untuk mencapai tujuan pembangunan, termasuk memberi pelayanan kepada masyarakat terkait administrasi desa yang berhubungan dengan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

“Kepala desa sebagai perpanjangan tangan pemerintahan, perlu menyampaikan informasi kebijakan pemerintah mengenai pembangunan dan sekaligus memberi motivasi kepada masyarakat yang sejatinya berperan mewujudkan kemajuan desa,” ujarnya.

Bupati mengatakan, di era otonomi daerah ini sebetulnya membawa peluang dan sekaligus tantangan bagi aparatur pmerintahan, terutama bagaimana memanfaatkan serta mendayagunakan sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana yang masih terbatas.

Orang nomor satu di Balangan mengatakan, upaya meningkatkan peran serta masyarakat Bumi Sanggam dalam pembangunan yang lebih maju dan sejahtera perlu digelorakan untuk mewujudkan kemakmuran yang diharapkan.

Oleh karena itu kepala desa hendaknya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, terutama terkait tugas melayani dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Kepala desa juga dituntut memiliki pengetahuan memadai agar mampu mengakomodir kepentingan masyarakat karena peran mereka sebagai “wakil pemerintah” daerah tersebut sangat strategis dalam penyelenggaraan otonomi desa, katanya.

Selain itu, kepala desa bukan hanya mampu mengelola keuangan, admnistrasi dan operasional, tapi juga perlu memperhatikan aspirasi masyarakat secara energik untuk mencapai tujuan pembangunan.

Kepala desa dituntut memiliki semangat kerja tinggi, menguasai administrasi dan memahami kondisi geografis, demografi, serta kondisi sosial masyarakat. Kebijakan yang diimplementasikan diharapkan dapat membawa manfaat kepada masyarakat.

Selain itu, kepala desa juga diharapkan mengikuti prosedur dalam mengelola dana sehingga penggunaannya transparan, tepat sasaran dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Kita mengharapkan kepala desa dapat mengelola keuangan desa secara baik dan benar dan dapat dipertanggung jawabkan. Selain itu, kepala Desa juga harus dapat menggerakkan struktur desa, menggali sumber pendapatan desa,” imbuh bupati. (jun/K-6)

 

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua