• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Kapolda Kalsel Cek Kesiapan HSS Tanggulangi Karhutla

Kapolda Kalsel - Brigjen Pol Erwin Triwanto, didampingi kapolres HSS AKBP Sukendar Eka Ristyan Putra, serta Bupati H Achmad Fikry,MAP saat memfungsikan satu unit sepeda motor yang dimodifikasi jadi alat pemadam sederhana. (KP/Norda Simah)
Kapolda Kalsel – Brigjen Pol Erwin Triwanto, didampingi kapolres HSS AKBP Sukendar Eka Ristyan Putra, serta Bupati H Achmad Fikry,MAP saat memfungsikan satu unit sepeda motor yang dimodifikasi jadi alat pemadam sederhana. (KP/Norda Simah)

Kandangan, KP – Kapolda Kalsel Brigjen Pol Erwin Triwanto mengecek kesiapan Tim Penaggulangan Karhutla, di Kabupaten HSS saat tiba di depan MTQ Kandangan, sekira pukul 13.00 wita siang.

Kapolda langsung menuju Posko Karhutla , disambut Kapolres HSS AKBP Sukendar Eka Ristyan Putra,SIK, Bupati HSS Drs H Achmad Fikry,MAP, dan jajaran Polres HSS  serta Kodim 1003 Kandangan.

Kapolda langsung melakukan kepengecekan ke posko utama, melihat sarana dan prasarana, kemudian melakukan pengecekan peralatan di lapangan terkait kebakaran lahan dan hutan.

Kapolda juga meminta petugas untuk mengecek langsung serta mempragakan apakah alat berfungsi atau tidak peralatan yang dimiliki.
“Bagus, berfungsi semua alatnya, jangan sampai tidak berfungsi,” ucap Kapolda.

Kapolda juga melihat secara langsung para anggota memperagakan cara penggunaan mesin pemadam kebakaran/portable apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan

Tampak lama kapolda juga memperhatikan cara memfungsikan satu unit sepeda motor yang dimodifikasi jadi alat pemadam sederhana dengan panjang selang 50 meter dan jerigen air 25 liter yang menyemprotkan air.

Sementara itu, Kapolres HSS AKBP Sukendar Eka Ristyan Putra,SIK, melalui kasubag humas polres HSS AKP Agus Winartono mengatakan Dalam memodifikasi alat pemadam kebakaran sederhana dari Sepeda motor tersebut  75% alat yang digunakan dari  barang bekas namun demikian alat tersebut bisa  digunakan untuk pemadaman hutan/lahan.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Kalsel Brigjen Pol Erwin Triwanto  juga berpesan langsung pada Kapolres HSS AKBP Sukendar Eka dan bupati H Achmad Fikry saat berada di posko.kapolda mengatakan apabila ditemukan ada yang membakar lahan dengan sengaja jangan hanya diberi surat peringatan, bahkan langsung damai. Akan tetapi diselidiki, ditindak lanjuti. Paling tidak diamankan 1×24 jam untuk dimintaj keterangan lebih lanjut.

Sementara itu, Bupati H Achmad Fikry sangat mengapresiasi langkah Polda Kalsel melakukan kesiapsiagaan Karhutla di wilayah HSS.
Menurutnya. Kesiapsiagaan itu harus di tindaklanjuti oleh berbagai pihak dan yang lebih penting adalah tumbuhnya kesadaran masyarakat agar tidak melakukan pembakaran. (noi/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua