• Hari ini : Rabu, 17 Oktober 2018

Kapolsek Imbau Warga Lampihong Tidak Ilegal Fishing dan Bakar Lahan

SOSIALISASI – Kapolsek Lampihong Ipda Krismanto saat memberikan sosialisasi pencegahan Karhutla dan illegal fishing. (Kp/Ist)

Paringin, KP – Sejumlah warga dihimbau untuk tidak menggunakan bahan berbahaya untuk mencari ikan di sungai maupun di laut, saat acara tatap muka dengan jajaran Polsek Lampihong Polres Balangan, di kantor Desa Mantang Hanau Kecamatan Lampihong Kabupaten Paringin, Kamis pagi (19/7), sekitar pukul 09.30 WITA.

Kegiatan yang dihadiri 50 warga setempat itu dipimpin langsung Kapolsek Lampihong Ipda Krismanto. Juga dihadiri Bhabinkamtibmas Desa Matang Hanau Briptu Yusuf, Kepala Desa Matang Hanau dan Kepala Desa Papuyuan.

Menurutnya Ipda Krismanto, kegiatan ini merupakan sosialisasi  Undang Undang No 45 tahun 2009  tentang  Perubahan atas  Undang Undang  No 31  tahun 2004  tentang  Perikanan  dan  Sosialisasi  tentang  Karhutla.

“UU itu melarang masyarakat mencari ikan menggunakan setrum maupun bahan kimia atau istilahnya illegal fishing. Jika ada yang melanggar akan dihukum,” tegasnya.

Apalagi, sebunya, cara menangkap ikan seperti itu mengakibatkan benih ikan mati semua. Karena perkembangan ikan menjadi terganggu, ekosistem dan habitat ikan juga ikut rusak.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan, sekarang telah memasuki musim kemarau sehingga rawan kebakaran dan disarankan dalam membuka lahan pertanian tidak dengan membakar lahan.

Acara yang diisi dengan sesi  tanya jawab itu, warga  masyarakat tampak sangat antusias dan minta dilakukan  penindakan secara hukum kepada para pencari ikan yang mengunakan setrum. (fik/K-4)

loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua