• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Kapuas Kembangkan Bawang Merah

Warga Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, menanam bawang merah untuk menunjang ekonominya.
Warga Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, menanam bawang merah untuk menunjang ekonominya.

Kuala Kapuas, KP – Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, kembali akan mengembangkan budidaya tanaman bawang merah di beberapa kecamatan di daerah setempat, dengan luasan lahan mencapai 65 hektare.

Kepala Bidang Holtikultura Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (Distantura) Kabupaten Kapuas, Rengkesit mengatakan, pengembangan tanaman bawang merah tersebut merupakan program pemerintah pusat, dimana tahun ini Kalteng ditetapkan sebagai daerah pengembangan bawang seluas 500 hektare.

“Dari luasan 500 hektare lahan pengembangan tanaman bawang itu, Kapuas mendapatkan alokasi 65 hektare. Karena Kabupaten Kapuas merupakan salah satu daerah sentra pengembangan tanaman bawang merah di Kalteng,’’ kata Rangkisit, Senin (26/9).

Program pengembangan bawang merah di Kapuas, rencananya direalisasikan di empat kecamatan, yaitu Kecamatan Dadahup, Kecamatan Kapuas Barat, Kecamatan Basarang, dan Kecamatan Kapuas Timur.

“Program ini rencananya direalisasikan pada tahun 2017 mendatang,’’ ungkapnya.

Menurut Rengkesit, dalam program pengembangan budidaya bawang merah ini pihak Bank Indonesia juga turut membantu dari sektor peningkatan kualitas sumber manusianya.

“Pihak BI membantu dari segi pelatihan untuk petani,’’ katanya.

Adapun bibit bawang merah yang rencananya akan dikembangkan di Kapuas dengan luasan lahan 65 hektare tersebut, yaitu jenis Bima Brebes.

“Benih Bima Brebes kebetulan yang paling banyak stok benih,’’ jelas Rengkesit.

Sedangkan pada tahun 2016 ini, Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura mengembangkan tanaman bawang merah seluas 30 hektare di sepuluh kecamatan di daerah setempat.

Pengembangan bawang merah itu sendiri difasilitasi dana APBN melalui Pemerintah Provinsi Kalteng.

Sepuluh kecamatan yang ditunjuk sebagai lokasi pengembangan bawang tersebut, diantaranya Kecamatan Tamban Catur, Pulau Petak, Kapuas Timur, Kapuas Murung, Dadahup, Kapuas Barat, Mantangai, Basarang dan Kecamatan Bataguh. (al/K-8)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua