• Hari ini : Jumat, 19 Januari 2018

Kapuas Siaga Penanggulangan Bencana

SIMULASI : Sejumlah peserta saat melakukan pertolongan pertama kepada korban, dalam pelatihan simulasi bersama penanggulangan bencana, di halaman Kantor Bupati Kapuas, kemarin. (KP/ist)
SIMULASI : Sejumlah peserta saat melakukan pertolongan pertama kepada korban, dalam pelatihan simulasi bersama penanggulangan bencana, di halaman Kantor Bupati Kapuas, kemarin. (KP/ist)

Kuala Kapuas, KP – Sedikitnya ada sebanyak 63 peserta yang terdiri dari para bidan dan perawat dari Puskesmas maupun rumah sakit, dari Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau dan Palangka Raya, mengikuti kegiatan pelatihan simulasi penanggulangan bencana, yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kapuas, kemarin.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Pro Emergency dari Jawa Barat bekerja sama dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas ini, disaksikan langsung oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Afendy beserta jajaranya, serta ratusan mahasiswa Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Kapuas, para anggota BPK Seroja Indah dan Balakar 545 Kuala Kapuas.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Afendy berharap, dengan di adakannya pelaksanaan pelatihan ini, para bidan dan perawat dapat menjadi propesional dan terampil serta dapat memberikan pertolongan kepada para korban, apabila terjadi bencana di daerahnya masing-masing.

Selain itu, tambah dia, dapat melakukan penanganan BCLS maupun BTLS, dimana pelatihan tersebut untuk menangani penanggulangan pada orang dengan trauma fisik dan juga ganngguan pada jantung yang mengancam jiwa korban/penderita. “Diharapkan juga nantinya para peserta ini dengan ketrampilan yang didapatnya dalam pelatihan tersebut dapat setiap saat selalu siap memberikan pertolongan apabila terjadi bencana,’’ tandasnya.

Kegiatan pelatihan yang dilaksakan selama lima hari itu, dengan para instruktur terlatih sebanyak tujuh orang dari Pro Emergency Jawa Barat yang berpengalaman baik di dalam maupun di luar negeri, dan kepada para peserta yang dianggap lulus nantinya diberikan sertifikat. (Al/K-8)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua