• Hari ini : Rabu, 17 Oktober 2018

Kasdam IV/Mulawarman Tutup TMMD di Desa Kembang Habang

Kasdam VI Mulawarman – Brigjend TNI Teguh Pudji Rumekso saat menyerahkan Berita Acara Hasil TMMD kepada Pj. Bupati Tapin H. Gusti Syahyar.(KP/HM Baseri)

Rantau, KP – Kasdam VI Mulawarman Brigadir Jenderal TNI Teguh Pudju Rumekso tutup secara resmi kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Ke-102 Kodim 1010 Rantauyang digelar dengan apel upacara di Lapangan Bola, Desa Kembang HabangLama, Kecamatan Salam Babaris kabupaten Tapin.

Kedatangan Kasdam VI Mulawarman beserta rombongan di Desa Salam Babaris disambut langsung oleh Dandim 1010 Rantau LetkolInf Jumadal Aulia bersama Pj Bupati Tapin H Gusti Syahyar bersamaWakapolres Tapin Kompol Deddy D Siregar yang turut hadir bersamajajaran Forkominda Kabupaten Tapin dan jajaran Kodim 1010 Rantau.

Pada kesempatan itu Kasdam VI Mulawarman Brigadir Jenderal TNI TeguhPudjo Rumekso beserta rombongan langsung meninjau lokasi pembangunanbadan jalan dan bedah rumah serta melakukan penandatanganan prasastipembangunan jalan di Desa Kembang Habang Lama, dan setelah itu langsung menuju lapangan upacara untuk menjadi Inspektur upacara pada acara penutupanTMMD ke-102 di Kabupaten Tapin.

Seusai menjadi Inspektur Upacara, pada kesempatan itu pula Kasdam VI/ Mulawarman secara simbolis menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat danpeninjau kegiatan pengobatan gratis di Desa Kembang Habang Lama.

Dengan mengangkat tema “Manunggal membangun karakter generasi Milinelial”, bertindak sebagai inspektur upacara Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, turut dihadiri oleh Pj Bupati Tapin Gusti Syahyar, Dandim 1010 Rantau Letkol Inf Jumadal Aulia dan FKPD, kepala SOPD dilingkungan kabupaten Tapin.

Dijelaskan oleh Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Teguh Pudjo Rumekso bahwa saat ini TMMD ke 102 kini telah selesai berbagai pembangunan di Desa dan telah banyak dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dalam TMMD kali ini berhasil dibuat seperti pembuatan jalan tembus sepanjang 1 (satu) Km lebar 3 (tiga) meter dari Desa Hiyung tembus Desa Kepayang Kecamatan Tapin Tengah, ketiga Pembangunan Jembatan Ulin panjang 20 meter lebar 2 meter Desa Marampiau Kecamatan Candi Laras Selatan. pembangunan rehabilitasi rumah warga (bedah rumah) sebanyak 2 unit di Desa Kembang Habang Lama Kecamatan Salam Babaris.

” Kini masyarakat dapat memanfaatkan akses jalan yang telah dibuka oleh TNI untuk kepentingan umum,”jelasnya.

Dijelaskannya juga bahwa nantinya jalan yang telah dibuka oleh TNI akan langsung ditindak lanjuti oleh pemerintah daerah baik untuk pengerasan maupun penambahan jalan yang nantinya akan menghubungkan ke desa lainnnya disekitar ini.

“Karena tujuan dari TMMD tidak lain untuk membantu masyarakat didaerah terpencil sehingga tidak terisolir lagi,” pungkasnya.

Sementara itu Pj Bupati Tapin Gusti Syahyar yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas PMD Provinsi kalsel mengatakan bahwa pada tahun 2019 nantinya untuk program karya bakti melalui Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa Provinsi Kalsel akan menganggarkan 10 Milyar untuk Kabupaten Tapin dengan maksud membuka akses jalan di daerah terisolir.

dijelaskannya juga bahwa dengan pekerjaan yang dilakukan oleh TNI pemerintah daerah sangat terbantu karena biasanya anggaran sebesar 1 Milyar untuk 1KM jalan dengan bantuan TNI yang dikerjakan secara gotong royong menghasilkan dua kali lipat. (ari/K-6)

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua