• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Kebersamaan Kunci Sukses Gerakan Hidup Sehat

BUPATI TABALONG – Saat mengambil undian hadiah utama satu unit sepeda motor Honda POP diacara jalan santai. (KP/Rosadi)
BUPATI TABALONG – Saat mengambil undian hadiah utama satu unit sepeda motor Honda POP diacara jalan santai. (KP/Rosadi)

Tanjung, KP – Kebersamaan adalah sesuatu hal yang sangat penting, bahkan menjadi inti kekuatan didalam mensukseskan tujuan dalam upaya mengggerakkan masyarakat untuk menerapkan hidup sehat di Kabupaten Tabalong.

Hal itu, diungkapkan Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, saat memberikan sambutan di acara Pelepasan Peserta Jalan Sehat dalam rangka Kampanye Hidup Sehat Dengan Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin berolahraga, Diet seimbang, Istirahat yang cukup dan Kendalikan stress (Cerdik)  di Kabupaten Tabalong Tahun 2016 di Pendopo Bersinar Pembataan belum lama tadi di Tanjung

Menurut Anang, atas nama Pemerintah Kabupaten Tabalong, menymabut baik terlaskananya kegaitan tersebut, “atas nama Pemerintah Kabupaten Tabalong, saya menyambut baik dan mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan jalan sehat ini,” ujarnya.

“Hal ini menjadi salah satu momentum yang sangat penting dan bermakna positif dalam rangka menumbuhkembangkan rasa kebersamaan kita semua yakni publik Kabupaten Tabalong dalam kampanye hidup sehat. Karena dalam pandangan saya, kebersamaan itu menjadi sesuatu hal yang sangat penting, bahkan menjadi inti kekuatan kita didalam mensukseskan gerakan hidup sehat di daerah yang sama-sama kita cintai ini,” ungkap Anang.

Diakui Anang, sebagai bupati ia merasa gembira, karena gerak jalan santai ini diselenggarakan dalam rangka kegiatan kampanye hidup sehat, “saya juga merasa gembira, karena gerak jalan santai ini diselenggarakan dalam rangka kegiatan kampanye hidup sehat dengan ‘Cerdik’, yang bertujuan menekan pertumbuhan Penyakit Tidak Menular (PTM), dimana kematian akibat PTM mencapai 71% dari jumlah kematian di Indonesia,” ujarnya.

“Maka itu langkah dilakukannya kegiatan berupa jalan sehat, pemeriksaan kesehatan, kampanye hidup sehat, dan lain-lainnya terkait dengan kesehatan ini saya nilai sangat konstruktif, karena dalam kegiatan ini tersirat pesan moral yang sangat kuat tentang perlunya upaya menjaga kesehatan hidup khususnya kebugaran dan kesemangatan. Sebab sulit dibayangkan, seseorang yang tidak bugar dan tidak memiliki semangat dalam hidupnya. Bagaimana mungkin ia bisa sukses dalam menjalankan kegiatan sehari-hari tanpa sehat jasmani,” ujar Anang.

Oleh karena itu, kepada seluruh peserta jalan sehat Anang mengharapkan dapat mengikuti kegiatan dengan semangat dan gembira. “Mari kita jadikan gerak jalan santai ini sebagai upaya kita untuk me-refresh diri kita, sehingga pada keesokan harinya kita dapat kembali menjalankan kegiatan dan kesibukan kita masing – masing,” pintanya, seraya mengingatkan agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, tertib dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

Dari panntauan dilapangan sedikitnya ada ribuan orang yang mengikuti jalan santai, dengan rote perjalanan mulai Pendopo Bersinar menyusuri Jalan PHM Noor hingga depan MTsN Tanjung kemudian kembali lagi ke Pendopo bersinar, juga di meriahkan dengan orkes panggung yang juga dilakukan undian kopon dengan hadiah terbesar mendapatkan satu buah Sepeda Motor Honda POP dan beberapa sepeda ontel dan sejumlah hadiah hiburan lainnya.

Selain Bupati Tabalong, acara juga di hadiri oleh Dandim 1008 Tanjung, dari kepolisian dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) setempat.

Dari informasi yang disampaikan panitia bahwa kegiatan ini juga bersamaan dengan kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2016 di Kabupaten Tabalong, dimana di hari itu dicanangkang Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) dengan mengkampanyekan hidup sehat cara “CERDIK” yaitu Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Deit seimbang, Istirahat cukup, dan  Kelola Stress. Dengan ajakan ‘Mari hidup sehat, semua dimulai dalam diri kita masing2, banyak orang berkata kesehatan itu mahal, tapi jangan lupa kalau sakit itu akan membuat kita bayar mahal.’

Selain melaksanakan acara inti yaitu jalan santai, dan pengundian hadiah, sebelumnya juga dikegiatan ini dilaksanakan senam senam rutin. (ros/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua