• Hari ini : Jumat, 19 Januari 2018

Kejar Pendapatan, Pemkab Gelar Operasi Sisir

ada beberapa sektor di Kabupaten Banjar yang belum capai target
ada beberapa sektor di Kabupaten Banjar yang belum capai target

Martapura, KP – Guna mengejar target pendapatan, Dinas Pendapatan Banjar bersama SKPD terkait melaksanakan operasi sisir ke beberapa titik. Kegiatan ini harus digelar mengingat minimnya penerimaan dari beberapa sektor ini yang jauh dari target.

“Ada tiga yang menjadi fokus kami di operasi sisir ini, yakni HO, IMB dan reklame yang penerimaannya masih minim,’’ tandas Kadispenda Banjar Syahrialuddin, kepada {{KP}}, kemarin.

Diungkapkan Syahrial, dari beberapa titik tersebut, yakni Gambut, Kertak Hanyar dan Martapura, ditemukan banyak bangunan tambahan yang tidak ber IMB, sedang HO banyak yang mati.

“Terus terang ini kurangnya pengawasan dari SKPD terkait, untuk HO yang ditangani BLH, ternyata banyak dokumen pengurusannya yang tertahan, sedang usaha dari masyarakat tetap berjalan,’’ tandasnya.

Untuk IMB yang ditangani Disperkim, sambung Syahrial, banyak bangunan tambahan yang tidak diajukan izinnya oleh masyarakat, akhirnya banyak potensi yang hilang, tentunya ini perlu pengawasan yang lebih.

“Adapun reklame, tentunya SKPD terkait (BP2T) harus terus mengejar, walau reklame memang sulit karena tergantung peminatnya,’’ tandasnya.

Ditambahkan Syahrial, bagi masyarakat yang ditemukan tidak bayar restribusi tersebut, maka dalam operasi sisir ini harus membuat surat pernyataan agar segera menyelesaikannya. Namun ini bukan tekanan, tapi justru melindungi masyarakat itu sendiri agar diakui legalitasnya.

Disinggung soal capaian tiga sektor tersebut, dijelaskan Syahrial, hingga 2 September, untuk HO baru mencapai 22 persen, IMB 44 persen sedang reklame 50 persen, padahal 2016 ini akan berakhir 3 bulan lagi. Disamping 3 SKPD ini, ada beberapa SKPD lagi yang jadi sorotan, diantaranya Dishubkominfo (soal parkir), Distanbunnak dan Disperindag.

“Adapun PAD secara keseluruhan, hingga triwulan III mencapai 75,2 persen. Namun kami optimis target tercapai 100 persen sampai akhir tahun nanti,’’ demikian Syahrial. (wan/K-5)

Tag:,
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua