• Hari ini : Selasa, 17 Juli 2018

Kejurprov Takraw, Wadah Penjaringan Atlet

17-2klm-puar-jpg

BANJARMASIN, KP – Pengurus Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Kalimantan Selatan menggelar Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Sabtu dan Minggu (19-20/11) di GOR Hasanuddin HM Banjarmasin.

Kejurprov dibuka Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor diwakili Sekdaprov HA Haris Makkie, didampingi Ketua PSTI Kalsel H Puar Junaidi, dari KONI Kalsel H Fitri Rifani, H Sarmidi M.Kes, Gt Perdana Kesuma dan Muchlis Muchtar. Ditandai dengan pemukulan gong dan tendangan bola pertama oleh Pjs Sekdaprov.

Kejurprov diikuti 62 regu Sepak Takraw dari seluruh penjuru banua Kalimantan Selatan mempertandingkan kelompok umur  17, 20 dan 23 tahun.

Menurut Ketua PSTI Kalsel Puar Junaidi, Kejurprov yang dilaksanakan di GOR Hasanuddin HM Banjarmasin, 19- 20 November 2016  itu bertujuan untuk mencari atlet potensial  terutama untuk kelompok umur 17 tahun sebagai persiapan menghadapi berbagai even nasional, juga merupakan sarana penjaringan atlet khususnya usia pelajar, kedepannya diharapkan dapat mengumpulkan atlet-atlit potensial banua yang berbakat yang dapat diinventarisasi Kalsel untuk menghadapi event nasional baik yang digelar Kementerian olahraga maupun PB PSTI sendiri.

“Kejurprov ini sebagai wadah pembinaan, dan rencananya kami akan menjaring 15 pemain putra dan 15 pemain putri untuk kategori kelompok umur 17, untuk dikembangkan agar potensi yang dimiliki Kalimantan Selatan bisa lebih baik dan bisa menjadi atlet potensial,” papar Puar yang anggota legislative Kalsel dari Partai Golkar ini.

Penjaringan atlet kelompok umur 17 tahun, tambah Puar sesuai permintaan Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) PSTI Kabupaten/kota dari hasil Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) PSTI Kalsel yang yang menginginkan atlet terbaiknya dibina oleh PSTI Kalsel.

‘’Pemain yang terjaring nanti akan dibina agar potensinya terus meningkat dan PSTI Kalsel tak kesulitan lagi untuk menentukan tim Sepak Takraw untuk menghadapi berbagai even nasional,’’ tukas Puar.

Sejumlah nama yang terjaring dari hasil kejurprov itu tak menutup kemungkinan menjadi cikal bakal tim Sepak Takraw Kalsel yang diproyeksikan tampil pada Pra PON dan PON XX Papua 2020 nanti.

Pasalnya, pemain sepak takraw Kalsel yang tampil pada PON XIX Jawa Barat (Jabar) lalu sudah tak bisa tampil karena terbentur usia.

Sehari sebelumnya Pengurus PSTI Kalimantan Selatan juga menggelar Rapat Kerja Provinsi di Hotel Tree Park Banjarmasin,Jumat (18/11).(rel/k-9)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua