• Hari ini : Senin, 23 Juli 2018

Kemenag Kalsel Dukung Revolusi Hijau

Pelaihari, KP – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel, H Noor Fahmi menyatakan Kemenag mendukung seratus persen program revolusi hijau yang diprogramkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurut Fahmi, untuk mendukung revolusi hijau tersebut, Kemenag Kalsel telah melakukan penanaman pohon di madrasah, pondok pesantren hingga Kantor Urusan Agama (KUA) di provinsi ini.

“Ke depan kami akan programkan juga satu catin (calon pengatin) untuk menanam satu pohon,’’ kata Kakanwil dalam laporan pada kegiatan Revolusi Hijau Kemenag bersama pemprov kalsel yang dipusatkan di MAN Insan Cendekia Tanah Laut, Rabu (11/7/).

MAN IC dipilih sebagai pemusatan revolusi hijau sebagai satu satunya madrasah unggulan berbasis sains yang ada di Kalsel dan satu dari 22 MAN Insan Cendekia yang ada di Indonesia.

Selain madrasah unggulan yang langsung mendapat pembinaan dari Direktur Jenderal Kemenag RI, madrasah yang baru memasuki tahun ajaran ke-3 tersebut memiliki luas lahan 10 hektar hibah dari pemerintah daerah Tanah Laut.

“Sangat tepat dijadikan pemusatan revolusi hijau,’’ katanya di kegiatan penanaman 1000 pohon produktif se Kalsel tersebut.

Dikatakan, juga, MAN IC yang berkapasitas hanya menerima 96 orang siswa pertahun pelajaran tersebut masih dalam tahap pengembangan dan masih memerlukan bantuan karena belum ada masjid dan fasilitas olahraga.

“Anggaran tahun ini MAN IC membangun laboratorium terpadu dan perpustakaan digital,’’ ungkapnya dikegiatan yang disertai dengan yang peletakan batu pertama pembangunan laboraturium terpadu dan perpustakaan digital yang dilakukan hari itu oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Menanggapi hal tersebut Gubernur Kalsel menyatakan siap memfasilitasi pengembangan MAN IC.

Jika MAN IC telah dibantu pemerintah daerah dengan hibah tanah, pengaspalan jalan dan pembangunan pagar maka suatu keharusan menurutnya bagi pemerintah provinsi untuk turut serta membantu pengembangan MAN IC.

Menurut alumni Madrasah Ibtidaiyah Budi Mulia tersebut MAN IC akan sangat berperan dalam membantu menwujudkan visi salah satu Pemerintah provinsi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, karena mengajarkan ilmu agama dan sains.

“MAN IC bisa menjadi laboraturium SDM yang berkualitas,’’ katanya.

Selanjutnya pejabat yang biasa disapa paman Birin tersebut mengharapkan dengan adanya revolusi hijau tersebut bisa membawa perubahan besar erhadap kondisi bumi yang sering dikatakan semakin panas dan masyarakat semakin rajin menanam, menanam dan menanam pohon.

“Setidaknya kita berpikir untuk anak cucu kita nantinya,’’ ujarnya. (lia/K-2)

 

 

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua