• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Kemiskinan Terendah, Pemkab Banjar Tidak Boleh Lengah

Ekspose sistem informasi Manajemen Penanggulangan Kemiskinan berbasis rumah tangga.
Ekspose sistem informasi Manajemen Penanggulangan Kemiskinan berbasis rumah tangga.

Martapura, KP – Dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Banjar, Bappeda setempat dengan dukungan Tenaga Ahli dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) RI Sekretariat Wakil Presiden, memperbaharui dan menyempurnakan peta kemiskinan melalui sistem informasi Manajemen Penanggulangan Kemiskinan berbasis rumah tangga, Senin (31/10) di Aula Barakat Martapura.

Bambang Darsono, selaku narasumber dari TNP2K RI Sekretariat Wapres RI dalam kesempatan ini memaparkan empat hal. Diantaranya perkembangan angka kemiskinan dan ketimpangan, basis data terpadu program penanganan fakir miskin, penajaman alokasi anggaran pembangunan untuk mengurangi ketimpangan kesejahteraan dan karakteristik 40 persen rumah tanpa dengan status kesejahteraan terendah.

Bambang mengungkapkan, TNP2K RI ini dikelola bersama antara Kementerian Sosial RI dan Sekretariat TNP2K. Dijelaskannya, berdasarkan data, Kabupaten Banjar saat ini menempati urutan terbaik dengan tingkat persentase kemiskinan paling rendah se-Kalsel (2,87 persen).

“Ini prestasi bagus, namun Pemkab Banjar tidak boleh lengah. Sebisa mungkin tetap bisa menekan jumlah kemiskinan tersebut agar semakin rendah lagi,’’ pintanya.

Bupati KH Khalilurrahman berjanji terus berupaya menekan angka kemiskinan di Kabupaten Banjar guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan barokah.

“Semoga lewat kerjasama ini membantu kita agar semaksimal mungkin meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menekan angka kemiskinan,’’ harapnya.

Hadir Wakil Bupati Saidi Mansyur yang juga Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Banjar, Sekdakab Ir Nasrunsyah, Tenaga Ahli TNP2K Lucky Koryanto, Tenaga Ahli dari Bappeda Jawa Barat Andhy Purwoko serta para Kepala SKPD. (wan/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua