• Hari ini : Jumat, 19 Oktober 2018

Kesbangpol Seleksi Paskibra 2018

Seleksi Paskibra. (KP/Agung)

Marabahan, KP – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Barito Kuala (Batola) mulai melaksanakan seleksi pasukan pengibar bendera (paskibra) merah putih untuk upacara hari ulang tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia (RI) tahun 2018 tanggal 17 Agustus mendatang.

Seleksi yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Batola, Sabtu (12/5), ini diikuti 176 pelajar SMA, SMK, MA/sederajat baik negeri maupun swasta dari 17 kecamatan se-Batola.

Pelaksanaan seleksi dilakukan selama satu hari dengan tim seleksi dari TNI, petugas kesehatan, para pelatih, dan para purna paskibra Indonesia (PPI) Batola.

Para calon paskibra juga menjalani tes kesehatan, penimbangan dan pengukuran tinggi badan. Untuk putra minimal memiliki tinggi 170 cm dan putri 160 cm. Sedangkan berat badan proporsional. Para calon juga diberikan materi peraturan baris berbaris (PBB), tes kesehatan, penimbangan, push up, set up, tes pengetahuan, budaya, dan psikotes.

Kepala Bidang Bina Idelologi Pengawasan dan Karakter Bangsa (Kabid BIPKB) Badan Kesbangpol, Ibnu Rusdi SH mengatakan, para peserta yang telah mengikuti tes yang berlangsung di Aula Mufakat Kantor Bupati Batola ini akan diambil 41 yang terbaik. Selanjutnya, mereka nantinya akan digembling para pelatih selama 23 hari hingga pelaksanaan upacara 17 Agustus 2018 berlangsung.

“Peserta yang terpilih harus memenuhi beberapa persyaratan di antaranya usia 16-18 tahun, tinggi untuk putra minimal 170 cm dan putri minimal 160 cm, berkepribadian baik, tegak dan tidak cacat fisik (kaki tidak berbentuk X), sehat jasmani dan rohani, serta berpenampilan menarik,” katanya.

Ibnu berharap, para peserta mengikuti dengan seksama dan sebaik-baiknya. Mengingat kegiatan yang dilaksanakan merupakan kesempatan untuk menggali dan mengembangkan potensi, wawasan, dan menempa mental sebagai bekal untuk menjadi pemimpin di masa mendatang. (ang/K-6)

 

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua