• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Kesepakatan Tapal Batas Antardesa Diapresiasi

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Kotabaru, KP – DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, memberikan apresiasi terhadap kesepakatan batas empat desa di Kecamatan Kelumpang Hilir dan Kelumpang Selatan yang selama ini bersengketa.

Wakil Ketua DPRD Kotabaru M Arif di Kotabaru, Jumat, mengatakan Legislatif sangat mendukung upaya nyata pemerintah daerah dengan melibatkan pihak terkait dalam penyelesaian sengketa tapal batas di wilayah tersebut.

“Kami menyambut gembira dan mendukung sepenuhnya usaha pemerintah daerah, dan legislatif tetap akan mendukung sesuai dengan tupoksinya,” kata M Arif.

Diketahui, sebanyak empat desa di dua kecamatan di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, bersepakat untuk adanya penegasan tata batas antar desa.

Saat menjabat Pelaksana tugas Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Setda Kotabaru H Akhmad Rivai, menuturkan permasalahan tata batas di Kecamatan Kelumpang Selatan dan Kelumpang Hilir sudah ada sejak lama.

“Akhirnya melalui tahapan penelitian dokumen, pelacakan dan penentuan posisi batas maka persoalan batas desa di Desa Langadai, Desa Pantai, Desa Sukamaju dan Desa Pulau Panci, bisa disepakati,” ujarnya.

Tahapan-tahapan yang telah disepakati yaitu, antara Desa Langadai, Kecamatan Kelumpang Hilir dengan Desa Pantai, Kecamatan Kelumpang Selatan, yang dituangkan dalam Berita Acara Penegasan Batas Desa sebanyak 8 titik.

Titik dimulai pada titik 0 dari Muara Sungai Terusan dengan mengacu pada As Sungai sampai kepertigaan Sungai Paraban (Titik 1) dengan titik koordinat UTM 50 S : X (402533) dan Y (9644717).

Selanjutnya diakhiri mengikuti jalan sampai dengan pelabuhan Blok G.16 Matang Ratu (Titik 8) dengan titik koordinat UTM 50 S : X (397140) dan Y (9646092).

Desa Pulau Panci, Kecamatan Kelumpang Hilir dengan Desa Sukamaju, Kecamatan Kelumpang Selatan yang dituangkan dalam Berita Acara Penegasan Batas Desa sebanyak 13 titik.

Titik akan dimulai pada titik 1 koordinat UTM 50 S : X (391769) dan Y (9658208) mengikuti jalan perkebunan kelapa sawit menuju Simpang Empat Kelaten.

Selanjutnya diakhiri menuju pertigaan batas antara Desa Sukamaju, Desa Pulau Panci dan Desa Sangking Baru (Titik 13) dengan titik koordinat UTM 50 S : X (398745) dan Y (9658105).

Usai kegiatan penetapan dan penegasan batas desa, dilakukan tahapan kegiatan pengesahan dimana Tim Penetapan dan Penegasan Batas Desa Kabupaten mempersiapkan penyusunan Rancangan Peraturan Bupati tentang Peta Penetapan Batas Desa berdasarkan hasil penetapan batas Desa dan atau Rancangan Peraturan Bupati tentang Peta Batas Desa.

Selama kepemimpinan Sayed Jafar akan dilakukan penuntasan fasilitasi penetapan, penegasan dan pengesahan Batas Desa baik Desa tersebut ada persoalan atau tidak bermasalah, sehingga dengan adanya legalitas ini akan terjamin kepastian tertib administrasi pemerintahan ke depannya. (net/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua