• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Kesultanan Banjar Bagikan 6600 Mangkok Bubur Asyura

Ketua Milad Kesultanan Banjar ke 512, H Gusti Surya Sari.
Ketua Milad Kesultanan Banjar ke 512, H Gusti Surya Sari.

Banjarmasin, KP – Milad ke 512 Kesultanan Banjar tahun 2016 ini, melakukan aksi keagamaan dengan membagikan sebanyak 6600 mangkok atau toples bubur Asyura gratis di 15 titik kabupaten dan kota Banjarmasin, Barito Kuala dan Kabupaten Banjar.

Ketua Milad Kesultanan Banjar ke 512, H Gusti Surya Sari, kepada wartawan, rencana pagi ini panitia Milad Kesultanan Banjar akan membagikan 6600 toples atau mangkok bubur asyura secara serentak di 15 titik tersebar di Kota Banjarmasin, Batola dan Kabupaten Banjar.

Untuk di Kota Banjarmasin dipusatkan depan Makam Sultan Suriansyah, Langgar Bintang Surgi Mukti, Langgar Baitul Khair Basirih dan Sungai Baru sedangkan pembagian bubur asyura di Batola, di kawasan makam Pejuang Kesultanan Banjar Desa Basahap Marabahan.

Sedangkan lokasi pembagian bubur asyura di Kabupaten Banjar, Gang Wiryo Utomo Kelurahan Jawa, depan Alun-Alun Ratu Zalecha, Masjid Syi’Arussolihin Sekumpul Martapura, Langgar Baburraudah Sekumpul, Desa Lihung Karang Intan, Desa Tungkaran Martapura, Langgar Darul Talibin Km 13 Gambut serta Rumah Makan Sambal Acan Raja Banjar Km 7 kertak Hanyar.

“Bagi warga yang ingin mendapatkan bubur asyura gratis ini, silakan datang di titik yang telah kami sediakan besok pagi, Selasa (11/10) atau dengan membawa mangkok atau toples sendiri,’’ kata Ketua STIMI Banjarmasin ini.

Dikatakan Surya, tema Milad 512 Kesultanan Banjar tahun ini, sejarah dimarwahkan, adat dipekertikan, agama dimuliakan, jika sejarah dimarwahkan alamat negeri dikenang jaman, jika adat dipekertikan alamat badan bauntung baiman dan jika agama dimuliakan alamat sekalian alam dilindungi Tuhan.

Lebih lanjut Surya mengungkapkan, rangkaian puncak acara Kesultanan Banjar digelar pada hari Sabtu (15/10) di Masjid Sultan Surianyah, yang menurut rencana akan dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

Dalam perjalanan menuju Makam Suriansyah, dilakukan dengan susur sungai di mana Gubernur paman Birin dan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina serta Ketua PWI Kalsel Fathurrahman akan menggunakan klotok, dan  selama dalam perjalanan diiringin pasukan kesenian gamelan asli banua.

Ini bentuk Kesultanan Banjar sangat mendukung program kerja Walikota Banjarmasin Ibnu Sina program susur sungainya, di mana semua pejabat akan diangkut menuju lokasi dengan klotok hias yang bersiap di Menara Pandang Tendean.

“Selama kegiatan di masjid akan dilakukan pembacaan surah Yasin, Salawat Nabi hingga Maulid Habsyi hingga acara penganugrahan gelar selesai pada pukul 12.00 siang,’’ tutup Surya Sari. (hif/K-2)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua