• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Kiriman Laut Stagnan Jelang Natalan dan Tahun Baru

BELUM MENINGKAT - Jelang tahun baru dan natal sejumlah ekspedisi mengaku belum ada peningkatan kiriman barang konveksi serta kue-kue kering lainnya asal Pulau Jawa semua masih berjalan seperti biasa. (KP/Hifni)
BELUM MENINGKAT – Jelang tahun baru dan natal sejumlah ekspedisi mengaku belum ada peningkatan kiriman barang konveksi serta kue-kue kering lainnya asal Pulau Jawa semua masih berjalan seperti biasa. (KP/Hifni)

BANJARMASIN, KP – Pengusaha ekspedisi angkutan laut mengaku belum ada kenaikan kiriman barang konveksi dan sembako jelang natal dan dan tutup tahun ini asal pulau Jawa.

Dari pantauan wartawan dilapangan Senin (21/11);  arus bongkar barang asal Pulau Jawa di Pelabuhan Trisakti masih berjalan normal seperti biasanya.

Sejumlah pemilik ekspedisi angkutan kapal laut mengaku belum mengalami kebanjiran barang konveksi asal Pulau Jawa memasuki tahun baru dan natal ini.

Owners Lintas Jawa Grup SN Samosir, kepada wartawan Senin (21/11) menjelaskan, jelang memasuki natal dan tahun baru ini belum ada kenaikan kiriman barang yang masuk asal Pulau Jawa semua masih berjalan seperti hari-hari biasa saja tanpa ada lonjakan kiriman yang berarti.

“Sekalipun naik angkanya masih kecil, artinya kenaikannya tidak jika dibanding natalan dan tahun baru yang lalu,’’katanya.

“Mungkin akan naik ketika bulan Desember nanti itupun naiknya tidak akan tinggi karena kondisi daya beli dan perekonomian banua yang masih sakit,” jelas Ketua Seknas Kalsel ini.

Menurutnya, kebanyakan barang konveksi asal Pulau Jawa ini menggunakan armada kapal roro atau kapal laut, karena harga angkutannya cukup terjangkau dibandingkan armada kapal kontainer atau maskapai udara saat ini saat ini.

“ Belum ada kenaikan kiriman dalam sepekan ini yang masuk Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, kami berharap setengah bulan ini ada kenaikan atau akhir bulan Nopember nanti karena natalan sudah semakin mendekat,” jelas mantan Ketua Ikatan Keluarga Batak ini.

Disebutkan, beda dengan saat tahun yang lalu pedagang mulai melakukan stok barang agar tidak kehabisan selain barang konveksi dan berbagai makanan kue-kue kering bagi mereka yang melaksanakan natalan.

Pihaknya berharap bulan-bulan kedepan tidak ada terjadi gelombang besar di Laut Jawa sehingga akan mengganggu kiriman barang dan sembako asal Pulau Jawa, gelombang tenang seperti ini selain menguntungkan pengusaha juga harga sembako menjadi lebih stabil harganya dipasar.

H Junai penjual barang konveksi dikawasan Cempaka Indah Pasar Baru kepada wartawan menjelaskan, ia bersama teman-teman ketika akan memasuki natal dan tahun baru tidak melakukan aksi borong atau pemesanan pakaian konveksi tahun ini karena kondisi perekonomian yang belum masih baik.

“Mungkin karena pasar masih sepi daya belinya semakin melambat akibat perekonomian banua saat ini, sehingga teman-teman tidak melakukan aksi stok barang berlebih seperti tahun-tahun sebelumnya,” ungkap bapak 2 putra ini. (hif/K-7)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua