• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Komplotan Begundal Gasak Miliaran Uang Bank

KP/Opiq DIRINGKUS - Komplotan begundal yang diringkus, gasak miliaran uang Bank. Sementara Kapolda Kalsel, Brigjen Polisi Erwin Triwanto didampingi Wakapolda Kombes Iriyanto dan Dirrektur Dit Reskrimum, AKBP Sofyan Hidayat menggelar kasusnya itu, Senin (31/10).
KP/Opiq
DIRINGKUS – Komplotan begundal yang diringkus, gasak miliaran uang Bank.

Banjarmasin, KP – Tiga begundal yang sudah menrencakan aksinya, berhasil menggasak miliaran rupian uang milik salah satu bank BUMN di Barabai.

Untuk melancarkan aksinya itu, pelaku berinisial MI (23), WH (26) (sebagai Pendoor SIS Bank) dan R (28), tega menganiaya, mengikat dan melempar salah rekannya yakni M Nazirul Helmi, yang memegang kunci bok ATM tersebut.

Sebagian uang hasil jarahan oleh pelaku dibelikan `moge’ (motor gede}. Namun, belum menikmati semua hasil kejahatannya itu, karena keburu diringkus petugas gabungan dari Resmob Polda Kalsel, buser Polres Hulu Sungai Tengah (HST), anggota Polres Banjarbaru dan Polres Tanah Laut, Minggu lalu (30/10).

Ketika pelaku itu menggasak uang milik bank yang tadinya ditaruh di tiga titik mesin ATM di Barabai Kabupaten HST.

Barang bukti diamankan sisa uang Rp1,012.600.000 dan beberapa kendaraan seperti Honda CNR DA 2824 QK, Kawasaki Ninja DA 5085 W hitam, Yamaha V Xion DA 3115 WT.

“Pelaku menggasak depab kantor cabang satu bank BUMN Barabai di Jalan Ir PM Noor,’’ kata Kapolda Kalsel, Brigjen Polisi Erwin Triwanto didampingi Wakapolda Kombes Iriyanto dan Direktur Dit Reskrimum, AKBP Sofyan Hidayat kepada awak media, Senin (31/10).

“Pelaku diringkus pada lokasi berbeda yakni di Banjarbaru dan Tanah Laut. Pada aksinya berhasil menggasak uang cash sebesar Rp1.547.700.000,’’ kata Kapolda.

Kini pelaku MI warga Jalan Guntung Manggis RT 06, Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarmasin. WH warga Desa Sungai Raya RT 02 Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar dan R warga Sungai Rata RT 03, Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar, meringkuk di sel tahanan.

Pada bagian lain AKBP Sofyan Hidayat mengatakan, semua pelaku beraksi Kamis (27/10) dengan korban dianiaya M Nazirul Helmi, warga Jalan Kemasan Luar Rt03/001 Kelulatah Barabai Selatan Kecamatan Barabai.

Dikatakan, sebelum beraksi, korban dijemput oleh teman berinisial WH, dengan maksud untuk pergi ke warung malam di Desa Kapar.

Setelah sampai di warung malam tersebut, sekitar pukul  01.00 WITA, Korban M Nazirul Hilmi didatangi oleh dua Orang tak dikenal, dan dibawa oleh dua) orang tersebut serta satu temannya WH, mengatahui kode bok, tapi tak ada kuncinya ini menggunakan Toyota Anvanza.

“Korban disekap dan dipaksa untuk memberikan kunci ATM, dan kemudian korban dilembar ke semak di daerah Binuang Kabupaten Tapin,’’ kata Sofyan Hidayat. (K-4)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua