• Hari ini : Senin, 11 Desember 2017

Komplotan Pencuri Tali Tambang Tongkat Dibekuk

Kepolisian berhasil membekuk komplotan spesialis pencurian tali tambang tongkang yang kerap beraksi di Perairan Sungai Barito

BANJARMASIN,KP – Petugas Satuan Polisi Perairan dan Udara (Sat Polairud) Polresta Banjarmasin berhasil menangkap 4 pelaku pencurian tali tambang tongkang.

Selain menggelandang ke 4 pelaku ke jeruji besi, petugas juga berhasil menyita barang bukti tali towing sepanjang 220 meter, dua buah linggis, gergaji besi, kunci pas, serta dua buah palu,
Adapun ke 4 pelaku tersebut adalah Rahmidi alias Midi (50) warga Tinggiran 2 Luar Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala, H Japar, Salapudin alias Salap (34) dan Saberan alias Aban.

Terungkapnya kasus pencurian dengan pemberatan alias curat di atas Kapal TB Patria di Perairan Sungai Barito, berawal dari laporan pihak PT Patria Maritime Lines Berdasarkan laporan tersebut, petugas Sat Polairud dibackup Resmob Polda Kalsel, Timsus Bekantan Resta Banjarmasin dan Buser Polres Kotabaru langsung melakukan penyelidikan.

Dari penyelidikan tersebut, petugas berhasil mengamankan dua penadah tali tarik tambang yakni Midi dan H Jafar.

Bermodalkan keterangan Midi dan H Jafar ini, petugas dipimpin langsung Kanit Gakkum Polair Resta Ipda Selamat Riyadi berhasil menggiring salah satu pelaku yakni Salap dan Romi. Salap dan Romi diciduk di wilayah Tamban, Barito Kuala dan di HKSN, Banjarmasin Utara, Senin (28/8/2017).

Menurut Kasat Polairud Polresta Banjarmasin Kompol Untung Widodo, komplotan ini menggunakan sarana Klotok menaiki kapal guna melakukan pencurian tali tarik untuk tongkang.

“Pelaku utama adalah Salap dan mereka melakukan aksi pencurian berjumlah 7 orang,’’ jelas Untung kepada awak media, Kamis (7/9).

Dikatakan Kasat, saat ini sudah 3 yang berhasil dibekuk dan masih ada 4 tersangka yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Terungkapnya kasus ini dengan cepat tidak terlepas dari pihak ABK melaporkan kejadian,’’ katanya.

Tak hanya itu, peran penting korban untuk datang ke tempat penadah memastikan tali tarik tongkang yang dicuri pelaku juga membuat pengungkapkan semakin mudah.

“Setiap ABK mempunyai ciri simpul untuk setiap tali milik mereka, sehingga mempermudah untuk mengenali tali yang hilang,’’ tambahnya

Dalam hal ini, jika terbukti bersalah tersangka merupakan sindikat pencuri di perairan ini diterapkan Pasal 363 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.(Yul/ K-4)

%d blogger menyukai ini: