• Hari ini : Jumat, 19 Oktober 2018

KPU HST Gelar Gerakan Sadar Pemilu

SAMBUTAN – Diberikan Plt Bupati HST H A Chairansyah pada Gerakan Sadar Pemilu. (KP/Ary)

Barabai, KP – Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar gerakan sadar Pemilu dengan pergelaran seni budaya menyongsong satu Tahun pemilu 2019.

Acara yang diadakan di Gedung Juang Barabai, Sabtu (21/4) tersebut mengangkat tema “Pemilih Berdaulat Negara Kuat” dan dihadiri sekitar 500 orang dari berbagai kalangan dari FKPD, Tokoh masyarakat, dan dari PPS desa, pelajar .

Sementara itu seni budaya yang ditampilkan diantara musik panting, vokal grup lagu-lagu Banjar dan madihin berhasil menghibur undangan sampil menunggu pembagian doorprize dari panitia.

Pada Kesempatan ini Ketua KPU HST Ahmad Dzulfadli menyampaikan kegiatan itu sesuai dengan surat edaran KPU RI No.115/PP.08-SD/06/KPU/III/2018 yang diselenggaran diseluruh KPU kab/kota se-Indonesia.

“Adapun tujuannya kegiatan adalah sebuah kebijakan dan metode dalam meningkatkan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019 melalui penggalangan aktifitas massal gerakan sadar pemilu dalam bentuk pergelaran seni berbasis kearipan lokal,” katanya.

Menurutnya target partisipasi Pemilih Tahun 2019 ini ada sekitar 80 persen untuk Kabupaten HST dan saat ini KPU melalui Pantarlih sedang melakukan Coklit data pemilih dari Tanggal 17 April sampai dengan 16 Mei 2018.

“Kami berharap dukungan semua pihak khususnya dari Pemkab HST mulai dari jajaran Camat, Kepala Desa, ketua RT dan perangkat Desa agar pelaksanaan Coklit berlangsung lancar dan menghasilkan data pemilih yang dapat dipertanggungjawabkan,” katanya.

Sementara itu Plt Bupati HST H A Chairansyah juga menyampaikan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu merupakan salah satu tolak ukur sukses tidaknya penyelenggaraan Pemilu.

Karena itu menurut H Chairansyah perlunya penyelenggara Pemilu secara simultan melakukan upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kepemiluan yang bentuknya bisa dilakukan sesuai karakteristik dan kreasi dan salah satunya seperti pegelaran seni ini.

“Semoga dengan gerakan sadar Pemilu ini akan merubah perilaku masyarakat dalam yang semula hanya menjadi supporter meningkatkan menjadi voters rasional dan bertanggung jawab,” ujarnya. (adv/ary/K-6)

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua