• Hari ini : Kamis, 22 Februari 2018

KPU Uji Publik dan Syahkan 45 Alokasi Kursi DPRD

Penandatangan usulan penerapan daerah pemilihan dan penandatangan berita acara yang diawali oleh Ketua KPU Kota Banjarmasin Drs H Bambang Budiyanto dilanjutkan pimpinan Parpol, Ormas, dan tokoh masyarakat juga perwakilan media, Senin (12/2).

Banjarmasin, KP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Senin (12/2), melaksanakan kegiatan uji publik rancangan usulan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi pemilihan umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota tahun 2019.

Uji publik yang dilaksanakan di Golden Tulip Galaxy Banjarmasin mulai pukul 08.00 WITA tersebut selain dihadiri oleh seluruh partai politik calon peserta Pemilu 2019, juga dihadiri oleh Ormas dan jajaran terkait tokoh masyarakat, akademisi, serta Panwaslu Kota Banjarmasin.

Ketua KPU Kota Banjarmasin, Drs H Bambang Budiyanto mengatakan, uji publik yang dilanjutkan dengan paparan oleh KPU Kota Banjarmasin melalui Komisioner Divisi Teknis, Joko Nugroho, KPU Banjarmasin menyampaikan rancangan usulan penataan Dapil sebagaimana yang telah disampaikan kepada publik sebelumnya.

Secara bergiliran, peserta uji publik sampaikan pandangan atau pendapatnya terhadap penataan Dapil Pemilu Anggota DPRD Kota Banjarmasin tahun 2019. Bahkan mereka juga mengusulkan supaya ada penambahan kursi namun untuk jumlah kursi wakil rakyat sebanyak 45 itu, lanjutnya, adalah berdasar hitungan jumlah penduduk saat ini yang mencapai 647.003 jiwa.

Jadi, katanya, tahapan ini sebagai tindaklanjut dari rapat kerja (Raker) penyusunan Dapil, dan alokasi kursi Pemilu anggota DPRD sekaligus simulasi penghitungan alokasi kursi beberapa waktu lalu.

Memang fokus utama peserta uji publik terhadap rancangan usulan Dapil tersebut terfokus pada daerah pemilihan terkait dengan kecamatan di Banjarmasin Tengah ditetapkan sebagai Dapil 1, kemudian Banjarmasin Barat Dapil 2, Banjarmasin Utara Dapil 3, Banjarmasin Timur Dapil 4 dan Banjarmasin Selatan Dapil 5.

Menurut Bambang Budiyanto, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2018 Perubahan atas PKPU No.7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilu 2019, diatur bahwa penyampaian dan pencermatan usulan Dapil DPRD Kabupaten/Kota ke publik adalah tanggal 2-6 Pebruari 2018.

Dengan penataan seperti ini, maka pada Pemilu 2019 mendatang di Kota Banjarmasin terdapat 5 (lima) Dapil. Adapun usulan Dapil dari KPU Kota Banjarmasin adalah, mengacu yang lama sebanyak lima Dapil, Dapil Banjarmasin 1 (Banjarmasin Tengah) sebanyak 6 kursi, Dapil Banjarmasin 2 (Banjarmasin Barat) 10 kursi. Dapil Banjarmasin 3 (Banjarmasin Utara) 10 kursi, Dapil Banjarmasin 4 (Banjarmasin Timur) 8 kursi dan Dapil Banjarmasin 5 (Banjarmasin Selatan) 11 kursi.

Jadi, KPU Kota Banjarmasin berkesimpulan satu usulan Dapil dan alokasi kursi DPRD Kota di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang berkembang selama ini, yakni tetap dengan 45 kursi dengan sedikit perubahan pada perolehan kursi di beberapa Dapil. (vin/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua