• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Kunjungan Wisata di Tanahlaut Meningkat Tajam

Pelaihari, KP – Kunjungan Wisata kesejumlah destinasi atau tempat wisata di Kabupaten Tanahlaut (Tala) selama Libur panjang Natal dan Tahun Baru capai puluhan ribu orang.

Terbukti dari Data Kunjungan Dengan Menggunakan Retribus masuk yang di kelola Dinas Pariwisata, sebanyak 18.934 wisatawan mengunjungi destinasi wisata beretribusi di Tanahlaut.

Kawasan Wisata yang cukup digemari pengunjung tersebut, meliputi Gunung Kayangan, Pantai Takisung, Air Terjun Bajuin, Pantai Takisung, Pantai Swarangan dan Pantai Batakan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut Ir Akhmad Hairin, M.P, ketika ditemui Pelaihari Post , Selasa (2/1) mengatakan jumlah kunjungan wisata pada musim liburan tahun baru 2018 ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Wisatawan ke Gunung Kayangan ada 1.530 wisatawan, Air Terjun Bajuin 784 wisatawan,Pantai Takisung 8000 Wisatawan, Pantai Swarangan 3000 wisatawan, Pantai Batakan data hari kemarin berjumlah 5.800 wisatawan,”katanya.

Kemudia untuk di Pantai Batakan hari ini terakhir buka,namun data pengunjung wisatawan, belum masuk masih kita tunggu laporanya.

Tahu tahun 2018 ini mengalami peningkatan. Jumlah wisatawan yang datang ke tanah laut selama tahun 2017 ini mencapai 104.935 wisatawan.

Tahun 2016 sebanyak 121 ribuan wisatawan. Ini jumlah wiasatawan yang masuk di objek wisata yang di kelola oleh kita,” ucapnya.

Menurut Ir Akhmad Hairin, MP wisatawan masih banyak datang ke Pantai Takisung. “Akses tempatnya lebih dekat dengan kota pelaihari,”ujar dia.

Selain itu Pantai Takisung sendiri sudah mempunyai nama, ini lah yang menjadi daya tarik wisatawan. Adapun fasilitas disana seperti wahana wisata permainan ATV dan Banana Boat, perahu, pesanggrahan dan warung wisata.

Kedepan Pantai Takisung bisa dibenahi kembali ada kemungkinan minat wisatawan akan lebih meningkat.

Harini mengakui wisatawan lebih meningkat datang ketempat objek wisata yang dikelola swasta seperti Pantai Turki wisatawan datang ketempat itu mencapai 20 ribuan, Pantai Cemara 7000 wisatawan.

Sedangkan objek wisata Labirin ia tidak menerima laporan dikarenakan tempat itu dikelola Pemprov Kalsel. “Wisata pantai menjadi dominan pengunjung, mulai dari Kecamatan Kintap hingga Kecamatan Takisung banyak tempat wisata Pantai nya “katanya lagi.

Ia menjelaskan Ada kencendrungan wisatawan ingin mencoba dan minikmati tempat objek wisata yang baru sehingga pantai Turki, Asmara dan Muara Kintap itu lebih banyak pengunjung nya,” tuturnya. (rin/K-6)

 

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua