• Hari ini : Selasa, 17 Juli 2018

Lapas Martapura Gelar “Sehari Bersama Mereka”

Sekdakab Nasrunsyah
Sekdakab Nasrunsyah

Martapura, KP – Kementerian Hukum dan HAM mengadakan kunjungan serentak pada warga binaan pemasyarakatan di 477 lembaga pemasyarakatan (Lapas) seluruh Indonesia.

Kegiatan bertema “Sehari Bersama Mereka” ini digelar dalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika.

Lembaga Pemasyarakatan Klas I Martapura pun turut memperingatinya, kemarin.

Hadir Sekdakab Ir Nasrunsyah, Kalapas Tri Saptono, Kasdim 1006/Martapura Rano Chairul.

Nasrunsyah mengungkapkan, dalam rangka HUT ke-71 Kemenkumham ini nantinya akan mencetak rekor MURI melalui kunjungan terbanyak di Indonesia.

Pasalnya pada kegiatan kali ini diberikan kesempatan seluas-luasnya bagi warga binaan mendapat kunjungan dari keluarga mereka.

“Dalam tugas Lapas, terdapat beberapa kegiatan pembinaan yang disinergikan dengan pemerintah di daerah, diantaranya layanan pendidikan bagi warga binaan yang dikelola Dinas Pendidikan serta berbagai kegiatan pelatihan keterampilan oleh beberapa SKPD seperti Dinas Sosial,’’ tandasnya.

Nasrun berharap kegiatan layanan kunjungan serentak ini memotivasi warga binaan agar tetap semangat berkarya dan berpartisipasi mewujudkan Serambi Mekkah yang lebih sejahtera dan barokah.

Kalapas, Tri Saptono menambahkan, Lembaga Pemasyarakatan Klas I Martapura kini menerapkan program lembaga pembinaan khusus yang berbasis pesantren. Ada kegiatan pembelajaran ilmu agama Islam selama empat hari dalam satu minggu, bekerjasama dengan 20 hingga 30 ustadz.

“Dengan program ini, warga binaan setelah keluar dari Lapas, diharap menjadi santriawan dan santriwati. Mereka dibekali materi pelajaran mengaji dengan tajwidnya serta belajar ilmu fiqih, tauhid hingga kitab kuning yang nantinya dapat bermanfaat,’’ tandasnya. (wan/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua