• Hari ini : Selasa, 16 Oktober 2018

Lestarikan Permainan Tradisional

WABUP HST - H A Chairansyah saat membuka Pertandingan Tradisional Balogo. (KP/Ary)
WABUP HST – H A Chairansyah saat membuka Pertandingan Tradisional Balogo. (KP/Ary)

Barabai, KP – Dalam rangka memeriahkan hari jadi kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang ke 57, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) HST gelar lomba permainan dan olahraga tradisional balogo dan bahadangan atau bahasinan tingkat SKPD dan para guru Sekolah yang bertempat di halaman kantor Bupati HST, selasa (13/12).

Menurut Kepala Dispora, Zain Zailani, kegiatan tersebut beregu selama 2 hari, untuk lomba balogo diikuti 20 regu, sedangkan bahadangan diikuti 15 regu putera dan 13 regu puteri. Bagi pemenang nantinya akan dikirim ke tingkat provinsi.

“Kami sengaja mengadakan acara ini untuk memberi kesan positif terhadap permainan tradisional yang telah lama ada karena Saat ini, gencarnya kampanye permainan berbasis teknologi informasi membuat permainan tradisional semakin tersingkir, “katanya.

Wakil Bupati HSt H A Chairanyah saat membuka acara juga mengungkapkan, lomba permainan dan olahraga tradisional ini merupakan langkah awal untuk pengembangan permainan tradisional di masyarakat.

“Kita sangat mengapresiasi perlombaan seperti ini, kalau perlu nantinya juga diadakan tingkat kecamatan atau tingkat desa, agar permainan tradisional ini terus diminati oleh masyarakat dan anak-anak, kalau perlu nanti hadiahnya mobil,”katanya yang disambut riuh tepuk tangan para peserta lomba.

Pada kesempatan itu, wakil Bupati juga diberikan kesempatan untuk melakukan pemukulan pertama permainan balogo yang diikuti oleh para staf Ahli Bupati HST. (adv/ary/K-6)

loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua