• Hari ini : Senin, 23 April 2018

Lezatnya Durian Kasongan

Foto/net : Durian Kasongan
Foto/net : Durian Kasongan

DURIAN Kasongan, ya itulah salah satu buah yang terkenal berasal dari Kabupaten katingan.

Jargon Durian kasongan sudah terkenal di wilayah Kalimantan Tengah bahkan di Provinsi tetangga.

Buah durian Kasongan merupakan buah durian yang terkenal khas Kabupaten katingan.

Nama Kasongan diambil dari nama tempat Ibukota Kabupaten Katingan, dimana banyak penggemar durian dapat menikmati durian-durian yang banyak dijajakan di pinggir jalan raya.

Keberadaan durian Kasongan juga disuplai dari Kecamatan lain di hulu sungai Katingan, salah satunya dari Kecamatan Katingan Hulu. Durian Kasongan terkenal disebabkan rasanya manis, masak pohon atau tanpa dikarbit, kemanisannya alami, dan harga terjangkau.

Produk olahan buah durian agar memiliki nilai tambah lebih tinggi dan tahan disimpan lama yang umum dilakukan warga Tumbang Sanamang adalah dibuat tempoyak dan dodol durian.

Tempoyak merupakan daging buah durian yang difermentasi minimal tiga hari, campuran yang digunakan biasanya garam.  Tempoyak dapat disimpan hingga setahun, sedangkan harga tempoyak mencapai Rp. 25.000/kg.

Selain tempoyak, buah duriah juga dijadikan dodol durian. Pembuatan dodol masih tradisional hanya daging buah durian dicampur sedikit garam dan diaduk diatas bara api.  Pengadukan bahan dodol durian diatas bara api hingga dodol matang memakan waktu 5 jam.

Bahan pembuatan dodol sebanyak 70 butir durian dengan harga Rp. 7.000/butir menghasilkan 10 kg dodol, jika mengupah untuk mengaduk sebesar Rp. 15.000/kg dodol jadi.  Harga jual dodol durian oleh warga Tumbang Sanamang sebesar Rp. 100.000/kg. (net/K-8)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua