• Hari ini : Jumat, 19 Oktober 2018

Lima Fraksi Sampaikan Pemandangan Umumnya Terhadap RAPBD TA 2019

Ist

PEMANDANGAN UMUM – Juru bicara Fraksi Golkar Siprinsyah menyampaikan pemandangan umum fraksinya.

Paringin, KP – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balangan menggelar rapat paripurna pemandangan umum fraksi DPRD terhadap Nota Keuangan Raperda Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) tahun anggaran (TA) 2019 di ruang sidang DPRD Balangan, Selasa (9/10) malam.

Rapat dipimpin Wakil Ketua I DPRD Balangan Syabirin dengan didampingi Wakil Ketua II M Nor Iswan dan dihadiri Bupati H Ansharuddin, sejumlah anggota DPRD serta Kepala SKPD setempat.

Wakil Ketua II DPRD, Syabirin  menyampaikan, agenda rapat paripurna adalah penyampaian pemandangan umum fraksi terhadap nota RAPBD TA 2019.

Dalam pemandangan umumnya, kelima fraksi yang ada di DPRD Balangan seperti Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Fraksi Golongan Karya (GOLKAR),

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Fraksi Gabungan Amanat Sanggam (GAS) dan Fraksi Gabungan Perubahan (GP) menyampaikan beberapa topik usulan dan kritikan, diantaranya meminta pengelolaan APBD TA 2019 mendatang harus dioptimalkan, baik dalam segi pengawasan maupun dalam hal pelaksanaan programnya.
Fraksi PKS melalui juru bicaranya Rusdiansyah meminta kepada Pemkab dapat bersikap proaktif terhadap pelaksanaan program dan kegiatan yang telah dialokasikan anggarannya, dengan keterbatasan anggaran diharapkan lebih cermat dalam menyusun perencanaan (program, red) kegiatan yang akan dilaksanakkan.

Kemudian berkaitan dengan BPHTB diharapkan segera ditindak lanjuti dan terkait jalan rusak di kecamatan Awayan di Desa Sikontan sampai Badalungga dan di tempat yang lainnya tolong segera diperhatikan.

Fraksi Gabungan Sanggam dengan jubernya Abdul Kahar meminta dalam pengelolaan keuangan daerah secara efektif, transfaran dan akuntabel. Menyingkronkan pencapaian sasaran program daerah dalam APBD dengan program pemerintah pusat.
Fraksi Golkar dengan juru bicaranya Siprinsyah menyarankan kepada Pemerintah daerah untuk melakukan perbaikan jalan di Desa Lok Hamawang – Desa Simpang Tiga kecamatan Lampihong yang sudah sangat rusak parah, berlobang besar dan berdebu.

Sedangkan fraksi Amanat Sanggam melalui Sahmadi meminta apa yang sudah disepakati dalam pembahasan KUA dan PPAS TA 2019 untuk diperhatikan, meminta aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui DPRD untuk lebih diperhatikan.

Kemudian dalam menghadapi pesta demokrasi akbar diminta kepada pemerintah daerah menyiapkan (memberikan, red) anggaran yang memadai agar nanti dalam pelaksanaannya dapat berjalan damai dan lancar.

Terakhir, fraksi Amanat Sanggam mengingatkan agar kejadian pengurangan anggaran di TA 2018 tidak terjadi lagi dan pemerintah daerah bisa fokkus memainkan peranan anggaran demi mewujudkan visi misinya.
“Khususnya sektor ekonomi sebab kondisinya semakin menurun,” imbuhnya. (jun/K-6))

loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua