• Hari ini : Kamis, 26 April 2018

Lomba Cipta Menu Perlu Dipertahankan

BUPATI HST - H Abdul Latif Wabup H A Chairansyah Ketua PKK HST Hj Ernawati Saat Lomba Cipta Menu. (KP/Ary)
BUPATI HST – H Abdul Latif Wabup H A Chairansyah Ketua PKK HST Hj Ernawati Saat Lomba Cipta Menu. (KP/Ary)

Barabai, KP – Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang dimotori oleh Hj Ernawati Chairansyah bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan HST menggelar Lomba Inovasi Masak Serba Ikan, di Gedung PKK HST, selasa (2/8).

Menurut Kepala Disnakan HST Zainal Abidin, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memasak terutama menginovasi dan mengkreasi masakan berbahan ikan.

“Untuk jenis masakan yang diperlombakan terdiri dari tiga kategori yaitu menu makan siang untuk keluarga, menu makan siang untuk balita, dan kudapan ikan keluarga,” katanya.

Sementara itu, ketua TP PKK HST Hj Ernawati Chairansyah menuturkan, kalau bahan baku masakan untuk menu keluarga yaitu ikan tuna, tongkol, dan cakalang. Sedangkan menu balita dan kudapan berbahan dasar ikan gabus, papuyu dan belut.

“Perlombaan ini diharapkan dapat menggali potensi masyarakat dalam mengolah menu sehari-hari, khususnya dalam mengolah masakan dengan berbahan dasar ikan,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Bupati HST H Abdul Latif dan para pejabat dilingkup pemkab HST pun turut mencicipi beragam menu makanan dan olahan hasil ikan yang menjadi unggulan para peserta.  Tak urung, bupati pun turut memuji makanan hasil olahan para peserta tersebut, kendati tidak dihitung sebagai bahan penilaian.

Dalam sambutannya, Bupati Latif juga mengharapkan kegiatan lomba cipta menu ini dapat terus dipertahankan. Sehingga pada akhirnya dapat mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi menu yang bergizi dan sehat, serta meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap menu olahan serba ikan.

Ditambahkannya lagi, kiprah dan keberadaan PKK di tengah-tengah kehidupan bangsa, negara, masyarakat dan keluarga telah memberikan sumbangsih yang sangat berarti, bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan keluarga. (adv/ary/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua