• Hari ini : Rabu, 15 Agustus 2018

Lomba Menangkap Ikan Sapu-Sapu Sungai Kemuning

BUKA LOMBA – Wakil Walikota Darmawan Jaya membuka lomba menangkap ikan sapu-sapu di Sungai Kemuning. (Istimewa)

Banjarbaru, KP – Tak sedikit warga yang berbondong-bondong menceburkan diri ke Sungai Kemuning. Mereka berlomba menangkap ikan sapu-sapu di sungai tersebut, Rabu (18/4).

Pria, wanita, bahkan anak-anak ikut dalam lomba menangkap ikan. Juga ada mahasiswa perikanan dan mahasiswa pecinta alam yang turut berpartisipasi. Mereka berlomba menangkap ikan dengan berbagai cara dan alat yang dibawa.

Lomba menangkap ikan yang dilaksanakan Balai Karantina Ikan bekerja sama dengan Pemko Banjarbaru ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-19 Kota Banjarbaru dan Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan.

Panitia menyediakan hadiah total senilai Rp5 juta bagi peserta yang berhasil menangkap ikan terbanyak dan penangkap ikan terberat.

Tak peduli basah kuyup, peserta begitu semangat menangkap ikan, disertai sorak dan tawa warga yang menyaksikan dari atas sungai.

Menurut Kepala Balai Karantina ikan dan Pengendalian, Mutu Sokhib SPi MP, lomba menangkap ikan sapu-sapu ini dimaksudkan untuk mengurangi populasinya di Sungai Kemuning.

Karena ikan yang nama latinnya Pterygoplichthys Multiradiatus ini bersifat invasife alien species atau organisme yang mengganggu dan perkembangannya luar biasa, sehingga mengganggu perkembangan species ikan lokal di daerah kita.

Wakil Walikota Darmawan Jaya Setiawan yang membuka lomba tersebut menjelaskan, 21 April 2018 nanti BKIPM Banjarbaru siap menyebarkan benih ikan jelawat sebanyak 30 ribu bibit di Sungai Kemuning.

“Jadi sebelum disebar bibit ikan jelawatnya, ikan sapu-sapunya dikurangi dulu pupulasinya, agar tidak menjadi predator bibit ikan,’’ ujarnya.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada warga sepanjang Sungai Kemuning, khususnya di sekitar Kampung Pelangi atas peran aktifnya membenahi sungai. Banyak pihak melontarkan pujian terhadap kampung pelangi di Banjarbaru, bahkan dianggap lebih baik daripada yang ada di kota lain.

Darmawan juga berharap semua pihak berperan aktif menjaga sungai dan menjaga kelangsungan perikanan di Sungai Kemuning.

Adapun ikan sapu-sapu yang terkumpul dalam lomba ini sebanyak 5.424 ekor dengan total berat 1,89 ton. (wan/K-5)

loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua