• Hari ini : Selasa, 17 Juli 2018

Mantan Kapolda Kalsel yang Melejit Jadi Wakapolri

Komjen Polisi Syafruddin hari ini dilantik menjadi Wakapolri, sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolda Kalsel dan akrab dengan para wartawan. (dok)
Komjen Polisi Syafruddin hari ini dilantik menjadi Wakapolri, sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolda Kalsel dan akrab dengan para wartawan. (dok)

Jakarta, KP – Komjen Polisi Syafrudin, mantan Kapolda Kalsel yang bertugas hingga 1 Desember 2012, yang sebelumnya itu Wakapolda Sumetera Utara, karirnya terus melejit.

Setelah Kapolda Kalsel, Syafrudin ditugaskan sebagai Kepala Divisi Propam Polri dan kemudian terus melejit menjadi Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Kalemdikpol) hingga sebagai Wakapolri menggantikan Komjen Polisi Budi Gunawan yang telah dilantik menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

“Komjen Polisi Syafrudin sebagai Wakapolri menggantikan Komjen Pol Budi Gunawan. Ia Wakapolrinya Pak Syafrudin,’’ kata Kapolri, Jenderal Polisi Tito K, usai menghadiri pelantikan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN di Istana Negara, Jakarta, Jumat (9/9) petang.

Tito mengatakan bahwa pelantikan Wakapolri akan digelar pada Sabtu ini (10/9). Sementara itu, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan kendati pelantikan Wakapolri akan dilakukan mendadak namun hal itu tidak menjadi kendala.

“Kita sudah mempersiapkan pelantikannya. Cuma hari dan jamnya saja yang digeser. Mau sore ini atau besok, ya bisa saja,’’ ujar Boy mengatakan pelantikan akan digelar di Mabes Polri Sabtu (10/9) jam
8.00 WIB.

Ia mengatakan Jumat malam ini, Kapolri akan segera menerbitkan telegram tentang penangkatan Wakapolri yang baru.

Tentang pengisi jabatan Kalemdikpol yang baru, mantan Kapolda Banten ini mengatakan bahwa Kalemdikpol baru akan diisi bersama dengan mutasi berikutnya sebab setiap jabatan lowong pasti akan diikuti jabatan lowong yang lainnya sehingga pelantikan Kalemdikpol akan dilakukan bersamaan dengan pejabat lainnya.

Pada Jumat sore ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara
melantik Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Budi menggantikan Sutiyoso yang telah memimpin BIN sekitar satu tahun. Budi Gunawan dilantik setelah mendapatkan persetujuan oleh DPR dalam rapat paripurna pada Kamis (8/9). Dia sempat menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi I DPR pada sehari sebelum disahkan dalam rapat paripurna DPR. (net/K-4)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua