• Hari ini : Jumat, 19 Januari 2018

Mantap! Dispenda Kapuas Operasikan Mobil Pajak

Kepala Dispenda Kapuas, Andreas Nuah saat memperlihatkan mobil keliling pelayanan pajak dan retribusi daerah yang siap akan dioperasikan pihaknya.
Kepala Dispenda Kapuas, Andreas Nuah saat memperlihatkan mobil keliling pelayanan pajak dan retribusi daerah yang siap akan dioperasikan pihaknya.

KUALA KAPUAS, KP – Untuk memberikan kemudahan akses pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kapuas dalam waktu segera akan mengoprasionalkan mobil keliling pelayanan wajib pajak dan retribusi daerah.

Satu buah Mobil keliling pelayanan pajak dan retribusi daerah milik Dispenda Kapuas ini nantinya akan ditempatkan di kantor-kantor kelurahan daerah setempat secara bergantian dan terjadwal.

Kepala Dispenda Kapuas Andreas Nuah mengukapkan, mobil keliling pelayanan pajak dan retribusi daerah itu dalam satu minggu kedepan sudah bisa dioperasikan.

Namun, kata dia, untuk saat ini mobil yang sudah dilengkapi peralatannya itu, belum bisa digunakan, lantaran belum memiliki pelat kendaraannya.

“Mobil ini nantinya kita gunakan terkait dengan pelayanan pajak yang paling utamanya. Untuk akhir tahun ini tentu kami akan melakukan sistem pola penagihan jempu bola,’’ katanya, kepada wartawan di Dispeda Kapuas, Selasa (1/11) siang.

Mobil keliling ini, selain memberikan kemudahan akses pelayanan kepada masyarakat, tujuan dari operasional mobil layanan keliling ini juga merangsang kesadaran masyarakat untuk membayar pajak khususnya pajak bumi dan bangunan (PBB).

“Paling utama itu PBB ini,’’ kata dia.

Rencananya, lanjut dia, sebelum berjalannya kegiatan pelayanan mobil keliling ini, terlebih dahulu pihaknya akan mengirim surat ke masing-masing kelurahan di daerah setempat.

“Mungkin kami akan stanbay secara bergiliran di kelurahan-kelurahan,’’ ujar Andreas.

Untuk itu, Kepala Dispenda Kapuas ini menghimbau kepada wajib pajak sebelum berjalanan pengoperasian mobil layanan keliling ini, agar bisa menfaatkan pelayana ini.

“Dan pelayanan ini, kami akan mendekatkan masing-masing wajib pajak,’’ ucap dia.

Ditambahkannya, untuk pengoprasian mobil pelayanan ini pihaknya akan memokuskan dan maksimalkan terlebih dahulu untuk daerah dalam wilayah Kota Kapuas.

“Setelah itu, kita akan bergerak ke kecamatan-kecamatan lainnya hingga ke wilayah hulu,’’ katanya.

Ditanya, berapa target pajak bumi dan bangunan pada tahun 2016 ini. Kata dia, untuk target PBB sebesar Rp.2 miliar.

“Untuk sekarang ini hanya mencapai 50 persen saja. untuk itulah, sekarang ini kita genjot terus salah satunya dengan cara jempu bola tadi dengan menggunakan mobil pelayanan ini,’’ ungkapnya.(Al/K-8)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua