• Hari ini : Jumat, 19 Januari 2018

Manunggal Tuntung Pandang di Desa Alur

ANGGOTA TNI – Saat membantu aktifitas pertanian. (KP/Agus)
ANGGOTA TNI – Saat membantu aktifitas pertanian. (KP/Agus)

Pelaihari, KP – Manunggal Tuntung Pandang dan Sarasehan, digelar Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, di Desa Alur, Kecamatan Jorong, Jumat lalu(18/11).

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Tanah Laut S Sukamta, Sekretaris daerah Tanah Laut H Abdullah, Kepala BPMPD Tanah Laut Hairu Rizal, pejabat Pemkab Tanah Laut dan Camat Jorong serta tokoh masyarakat setempat.

Sebelum dimualinya acara manunggal Tuntung Pandang dan Sarasehan tersebut, terlebih dulu para tamu dan undangan dihibur dengan pencak silat dari Perguruan Setia Hati Terate.

Camat Jorong H Zainal Abidin mengatakan, pada kegiatan manunggal Tuntung Pandang di Desa Alur berlangsung dari pagi hingga sore berupa pelayanan KTP, pembuatan kartu keluarga, akta kelahiran dan lainnya,
“Untuk perekaman KTP dilayani sebanyak 72 orang, pembuatan kartu keluarga sebanyak 98 orang, akta kelahiran sebanyak 125 orang,” ujarnya.

Menurut dia, pelayanan lainnya berupa, sidang isbat nikah sebanyak 11 pasang, khitanan masal sebanyak 24 orang anak, pelayanan pajak bumi dan bangunan (PBB) sebanyak 12 orang, pelayanan kesehatan sebanyak 26 orang, dan percetakan batako sebanyak 120 biji.

“Pada cara itu juga dilakukan pelayanan kontrasepsi kepada 60 orang berupa, implan sebanyak 57 orang dan spiral sebanyak tiga orang,” terangnya.

Dijelaskannya, untuk penyerahan bantuan alat cetak batako langsung dari Disnakertrans Tanah Laut, sedangkan penyerahan akte kelahiran dan KK dari Disdukcapil Tanah Laut.

“Pada kesempatan itu, Dinas Kehutanan Tanah Laut menyerahkan bantuan bibit mahoni sebanyak 2000 batang dan diterima oleh Ketua Karang Taruna Garuda Desa Alur Kec Jorong,” tegasnya.

Terpisah, Wakil Bupati Tanah laut H Sukamta meminta, masyarakat membantu pengawasan pembangunan di Desa Alur.

Mari kita jaga persatuan dan kesatuan. Jangan sampai perbedaan membuat kita menjadi bercerai berai,”ungkapnya.

Dia berharap, warga Desa Alur bisa mentaati kewajiban membayar PBB, karena pajak tersebut gunanya untuk pembangunan bangsa.
“Saya juga meminta agar masyarakat Desa Alur memanfaatkan fasilitas kesehatan di desa ini,” demikian terangnya. (net/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua