• Hari ini : Kamis, 18 Januari 2018

Mappanretasi Dijadikan Daya Tarik Pariwisata Kotabaru

MAPPANRETASI – Yang dilakukan warga Kotabaru dan disaksikan langsung Bupati setempat, baru baru ini. (KP/Andi)
MAPPANRETASI – Yang dilakukan warga Kotabaru dan disaksikan langsung Bupati setempat, baru baru ini. (KP/Andi)

Kotabaru, KP – Mappanretasi biasanya disebut sebagai pesta adat nelayan di Kotabaru oleh Pemkab setempat dijadikan sebagai daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.
Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, di Kotabaru, meminta masyarakat untuk tetap melestarikan budaya lokal seperti pesta adat Mappanretasi yaitu ucapan syukur atas limpahan rezeki yang telah diberikan Allah SWT.

“Acara Mappanretasi juga dapat menjadi salah satu daya tarik yang mengundang kedatangan turis lokal maupun asing, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian setempat dan pendapatan daerah,” kata Bupati dalam acara Mappanretasi di Teluk Tamiang, Kecamatan Tanjung Selayar.

Sayed Jafar berjanji akan segera melengkapi fasilitas pendukung di Desa Teluk Tamiang, salah satunya berupa infrastruktur jalan yang menjadi “urat nadi” dalam memperlancar distribusi logistik dan aktivitas masyarakat.

Tersediannya infrastruktur menjadi salah satu yang dapat mendorong terwujudnya keinginan pesta adat menjadi tujuan kedatangan wisatawan domestik dan mancanegara di “Bumi Saijaan” Kotabaru.

Bupati juga meminta masyarakat setempat agar menjaga kelestarian alam, terutama saat menangkap ikan. Ia meminta nelayan menggunakan alat tangkap sesuai aturan pemerintah sehingga tidak merusak ekosistem laut.

Sementara itu, pesta adat yang dihadiri oleh ratusan masyarakat dan tokoh masyarakat tersebut juga dikemas dengan kegiatan membakar ikan dalam jumlah besar.

Ikan bakar dan berbagai macam menu yang disediakan merupakan salah satu cara masyarakat lokal untuk menyambut tamu yang datang dalam acara tersebut. (net/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua