• Hari ini : Minggu, 19 Agustus 2018

Marbut, Guru Mengaji dan Qari Berprestasi Diberangkatkan Umroh

WARGA – Yang Mendapatkan umrah gratis saat ber silaturahmi ke ruangan Plt Bupati.
(KP/Norda Simah)

Kandangan, KP – Lima warga Hulu Sungai Selatan yang berprestasi dibidang keagamaan diberangkatkan umroh ke tanah suci mekah oleh pemerintah Kabupaten HSS.

Mereka yang akan berangkat Umrah pada Rabu, (16/5) hari ini yakni Arpiah, pengajar di TPA Al Istiqamah, Kecamatan Telaga Langsat, selama lebih dari 27 tahun. Abdullah Sani, pengajar TK Al-Qur’an Al-Ikhlas Desa Mandala Murung Masjid, Kecamatan Daha Utara.

Ahmadi, Kaum (Marbut) Masjid As-Sholihin Desa Muning, Kecamatan Daha Selatan. Rahmat, Marbut Masjid Nurul Yaqin, Kecamatan Daha Barat, dan Kamarudin dari Desa Amawang Kanan Kecamatan Kandangan.

Kamarudin merupakan qari berprestasi dewasa, pada MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) ke 46 yang berlangsung di Kecamatan Telaga Langsat.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah, H M Thaha mengatakan ibadah umrah tersebut merupakan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten HSS, bagi warga yang berprestasi di bidang keagamaan.

“Ini merupakan program dalam visi misi Pemerintah Kabupaten HSS bidang keagamaan, untuk mewujudkan Kabupaten HSS yang Sejahtera, Agamis, dan Produktif,” ujarnya.

Penghargaan berupa umrah tersebut diberikan untuk tiga kategori, yaitu bagi marbut masjid, guru mengaji, serta qari berprestasi.

Penilaian terhadap marbut masjid dilakukan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten HSS, dengan kriteria diantaranya minimal sepuluh tahun pengabdian tanpa putus dan merupakan warga yang kurang mampu.

Kriteria yang sama juga berlaku untuk guru mengaji.

Namun penilaian terhadap guru mengaji dilakukan oleh BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia) Kabupaten HSS.

“Selain mengajar di TK atau TP Al-Qur’an, guru mengaji ini juga mengajar di rumah mereka,” papar Thaha.

Rencananya, para penerima penghargaan ini akan melaksanakan rangkaian ibadah umrah selama 12 hari, termasuk keberangkatan dan kepulangan. Mereka akan berangkat pada Rabu (16/5) pagi, untuk penerbangan ke Jakarta, dilanjutkan langsung ke Jeddah, dan pulang kembali pada Minggu (27/5).

Selain memberikan umrah gratis, Pemerintah Kabupaten HSS juga memberikan uang saku masing-masing sebesar Rp 2 juta, selama berada di Tanah Suci.

Uang saku tersebut diserahkan langsung oleh Plt Bupati HSS, H Ardiansyah di Ruang Kerjanya, tiga hari sebelum keberangkatan.

“Selamat jalan, semoga selamat di perjalanan, terkabul semua hajat bapak ibu dan ini jadi umrah yang diberkahi Allah,” kata H Ardiansyah.

Dia juga berpesan untuk mendo’akan Kabupaten HSS agar menjadi kabupaten yang sejahtera, aman dan damai.

Sementara Arpiah, pengajar di TPA Al Istiqamah, mengaku sangat bersyukur dan beruntung dirinya bisa berangkat umroh.

” Alhamdulillah dan bahagia sekali. Sangat bersyukur dapat terpilih untuk berkunjung dan beribadah ke Tanah Suci. Tidak terkira bahagianya,” kata Arpiah.

Dirinya mengaku sudah lama memimpikan untuk pergi ke Tanah Suci, namun tidak pernah membayangkan akan dibiayai oleh Pemkab HSS. “Terimakasih pemkab Hss, ” kata Arpiah menutup katanya. (noi/K-6)

 

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua