Mardani Hadiri Haul Syech Muhammad Arsyad Al Banjari

ditulis pada 3 Juli 2017
H Mardani Maming saat berbaur menghadiri Haul ke 211 Syeh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kalampayan) yang dilaksanakan di Masjid Jami Tuhfaturraqhibin, Dalam Pagar Ulu Martapura Timur Kabupaten Banjar, Sabtu (1/7) lalu.

H Mardani Maming saat berbaur menghadiri Haul ke 211 Syeh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kalampayan) yang dilaksanakan di Masjid Jami Tuhfaturraqhibin, Dalam Pagar Ulu Martapura Timur Kabupaten Banjar, Sabtu (1/7) lalu.

Batulicin, KP – Peringatan Haul Syech Muhammad Arsyad Al Banjari ke 211 di gelar di Masjid Jami Tuhfaturraqhibin, Dalam Pagar Ulu Martapura Timur Kabupaten Banjar, Sabtu (1/7).

Bupati Tanbu Mardani H Maming pada acara ini turut hadir bersama dengan Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor dan sejumlah pejabat Pemerintahan Provinsi Kalsel serta sejumlah Bupati dan Walikota. Baik dalam Provinsi Kalsel maupun Walikota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur.

Tak hanya itu, sejumlah tokoh ulama juga hadir pada àcara ini yang di mulai dari pembacaan syair Maulidul Rasul dilanjut dengan pembacaan Manaqib Syech Muhammad Arsyad Al Banjari oleh para juriatnya.

Gubernur Kalimantan selatan H.Sahbirin Noor dalam sambutannya mengatakan, kegiatan haulan ini adalah bentuk kecintaan masyarakat Kalimantan Selatan sekaligus mengenang perjuangan Waliyullah Syech Muhammad Arsyad Al Banjari dalam syiar agama di Bumi Lambung Mangkurat.

“Kita bangga atas Karomah beliau, sehingga makom beliau yang ada di kelampaian sejak ratusan tahun hingga sekarang selalu menjadi kunjungan ziarah baik dalam banua kita sendiri maupun luar Provinsi Kalsel,” ungkap Sahbirin.

Dengan demikian, pihak Pemerintah Provinsi Kalsel berkeinginan, lokasi pemakaman itu harus di rehabilitasi, demi menambah daya tarik wisata religi atas bangunan lokasi pemakaman tersebut.

“Saya menghimbau pihak Dinas Provinsi Kalsel yang terkait mulai sekarang agar merumuskan rencana rehabilitasi pemakaman itu,” tegasnya.

Sementata itu , terkait rehabilitasi lokasi pemakaman di Kalampaian itu Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming sangat mengapresiasi.

Menurut Mardani, inisiasi yang dilakukan Gubernur akan memberi dampak pada peningkatan daya tarik wisata religi di Kalimantan Selatan.

Khususnya tempat Ziarah Makom Muhammad Arsyad Al Banjari yang kian tersohor hingga sekarang.

“Insiasi Gubernur akan menjadi inspirasi kami di Kabupaten Tanah Bumbu demi memperindah sejumlah wisata religi. kerena wilayah kami juga banyak menyimpan makam para Wali yang diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata religi dari daerah manapun,” kata Mardani saat di wawancara usai pelaksanaan Haulan tersebut. (rel/han).

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.