• Hari ini : Kamis, 26 April 2018

Massa HMI ‘Ngeluruk’ ke Mapolda Disambut Polwan

9-7-klm-7-cm-gabung-foto12

Banjarmasin, KP – Selain hari ini, Jumat (4/11), massa rencana dari Masjid Raya Sabillal Muhtadin melakukan aksi damai ke Mapolda Kalsel, ternyata massa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Banjarmasin, mendahuli, Kamis sorenya (3/11).

Mereka melakukan demo dari budaran Jalan Lambung Mangkurat, terus berjalan dan akhirnya `ngeluruk’ ke Mapolda Kalsel.

Dari pantauan KP, massa HMI, yang berjalan kaki dari kawasan Lambung Mangkurat menuju Mapolda Kalsel di Jalan S Parman, dikawal sejumlah anggota dari Maporesta Banjarmasin, seperti anggota Sabhara, Intel dan dari Mapolsek Banjarmasin Tengah.

Tak hanya ikut berjalan, sejumlah anggota lalinya juga mengiring dengan mobil patroli dan sepeda motor.

Massa dengan tertib di jalan raya hingga sampai di Mapolda Kalsel.

Setibanya, hanya di depan halaman Mapolda dengan pengawalan serta disambut blokade dari sejumlah Polwan (Polisi Wanita) serta anggota Polki dengan sejumlah perwira.

Tak ketinggalan, langsung turun dari rungan kerja, Karo Ops, Kombes Pol Guruh, Direktur Intelkam, Kombes Pol Trijan F dan Direktur Binmas, Kombes Pol Tata S.

Saat itu mass HMI dengan membawa bendera juga sederatan tulisan tanta protes serta serukan yel-yel agar Ahok diproses hukum.

Karena salah satu diantaranya yakni masalah penistaan Alquran dilakukan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga calon Gubernur DKI Jakarta ini.

Semua hanya berlangsung sekitar 15 menit. Massa HMI dengan tertib menyampakan semua yang diprotes dan kemudian kembali lagi ke bundaran Lambung Mangurat dengan tetap dikawal sejumlah anggota.

“Kita salut, mereka bisa tettib dan semoga diikuti massa lainnya nanti,’’ kata seorang perwira saat itu.

Sebelumnya Kapolda Kalsel, Brigjen Polisi Erwin Triwanto, kepada awak media, tak membantah soal ada rencana salah satu organisasi masyarakat (ormas) yang akan bergerak menuju Mapolda Kalsel, Jumat ini.

Dari semua itu, Kapolda mengimbau agar massa jangan terpengaruh ajakan yang sifatnya prokatif yang akan membuat rusuh.

“Kita akan siaga. Memang saya dapat seruan salah stau ormas untuk aksinya, yang dari pengakuan ada ratusan orang. Tapi mereka berikan dukungan berkaitan aksi di Jakarta.

Namun, aksi ormas kita disini, damai. Mereka sudah diminta dan setuju untuk berdialog,’’ jelas Kapolda. (K-4)

Tag:, ,
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua