• Hari ini : Sabtu, 21 Juli 2018

Masyarakat Jaro Gelar `Aruh Banih`

Masyarakat jaro sedang menggelar aruh banih.
Masyarakat jaro sedang menggelar aruh banih. (net/antara)

Tanjung, KP – Masyarakat di Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menggelar acara `Aruh Banih` atau hajatan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen padi.

Camat Jaro Edy Susanto di Tanjung, Minggu menjelaskan melalui acara `Aruh Banih` ini sekaligus mempromosikan potensi alam yang ada di wilayah Utara Tabalong.

“Sebagai ungkapan rasa syukur usai melaksanakan panen padi, buah dan sayuran masyarakat Jaro melaksanakan acara `Aruh Banih` dengan dimeriahkan kesenian tradisional,’’ jelas Edy.

Acara syukuran ini dilaksanakan di sekitar obyek wisata Goa Liang Kantin Desa Jaro melibatkan kalangan pelajar, masyarakat, berbagai sanggar seni dan para petani.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani bahkan sangat mendukung acara yang dipakarsai masyarakat ini dan berjanji akan mengalokasikan bantuan Rp100 juta untuk kegiatan serupa di tahun mendatang.
`

`Acara Aruh Banih ini merupakan cara cerdas masyarakat Jaro mengungkapkan rasa syukur atas panennya dan kegiatan ini harus jadi agenda tahunan,’’ jelas Anang.

Selain menghadiri acara ini, Anang juga melakukan penanaman perdana bawang merah di Kecamatan Jaro serta mengunjungi obyek wisata Gos Liang Kantin.

Dilanjutkan dengan wisata petik cabai dan melon di Desa Garagata yang menjadi lokasi pengembangan kawasan agrowisata di wilayah ini.
Dalam `Aruh Banih`ini juga dihadiri Dandim 1008/Tanjung Letkol Arm Anang Krisna, Sekretaris Daerah Abdul Muthalib Sangadji dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Tabalong.

Sejumlah kesenian daerah memeriahkan acara ini diantaranya atraksi bela diri tradisional `Kuntau`, kesenian kuda lumping dan tarian `Aruh Banih`. (net/K-1)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua