• Hari ini : Selasa, 23 Januari 2018

Masyarakat Perlu Dukung Ketahanan Pangan

Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan Banjarbaru Sri Fatma Karmailita saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Ketahanan Pangan.
Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan Banjarbaru Sri Fatma Karmailita saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Ketahanan Pangan.

Banjarbaru, KP – Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan Banjarbaru Sri Fatma Karmailita membuka Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan, Selasa (29/11), di Aula ULP setempat. Hadir Kepala Badan Ketahanan Pangan Kalsel Siti Rahmi.

Sri Fatma mengatakan, guna membantu Presiden merumuskan kebijakan, melaksanakan evaluasi dan melakukan pengendalian dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional, telah dibentuk dewan ketahanan pangan melalui Perpres No 83 tahun 2006 sebagai penyempurnaan Keppres 132/2001.

“Tugas utama Dewan Ketahanan Pangan (DKP) adalah mendukung pemerintah dalam mewujudkan cita-cita pembangunan pangan dan gizi yang meliputi penyediaan, distribusi, cadangan, penganekaragaman konsumsi, pencegahan serta penanggulangan masalah pangan dan gizi, baik di tingkat pusat maupun daerah,’’ tandasnya.

Di Kota Banjarbaru, saat ini sudah dibuat draft keputusan Walikota tentang pembentukan Dewan Ketahanan Pangan Banjarbaru yang progresnya sudah 90 persen. Hal ini guna menunjang kelancaran kegiatan operasional pemantapan ketahanan pangan.

“Dewan Ketahanan Pangan Banjarbaru akan diketuai Walikota dan keanggotaannya merupakan kepala SKPD terkait bersama dengan Kepala Badan Pusat Statistik setempat,’’ tandasnya.

Melalui rakor ini, sambungnya, diharap semua peserta berperan aktif mewujudkan ketahanan pangan di Banjarbaru dengan mendorong keikutsertaan masyarakat dalam penyelengaraan ketahanan pangan.

“Dan tidak kalah penting ada evaluasi dan pengendalian perwujudan ketahanan pangan di Banjarbaru,’’ tandasnya. (wan/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua