• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Memasuki HUT Banjarmasin, Kurma di Balaikota Berbuah

Arbain, salah seorang PNS Humas Pemko Banjarmasin langsung melakukan pemeriksa pohon kurma yang berbuah, Kamis (22/9), dan inilah saat menaiki tangga.
Arbain, salah seorang PNS Humas Pemko Banjarmasin langsung melakukan pemeriksa pohon kurma yang berbuah, Kamis (22/9), dan inilah saat menaiki tangga.

Banjarmasin, KP – Memasuki Hari Jadi Kota Banjarmasin yang ke-490 tahun puncak kegiatannya akan dolaksanakan Sabtu, 24 September, ternyata Kota Banjarmasin Baiman memberikan kado spesial dimana tiga buah pohon kurma satu diantarnya mulai berbuah.

Peristiwa ini tentu saja menarik perhatian masyarakat khususnya sejumlah pegawai di Balaikota Banjarmasin. Karena dari tiga pohon kurma di halaman balaikota diantara lima yang ditanan dan tiga pohon kurma yang masih hidup. Salah satunya sudah mulai berbuah. Bahkan ada tiga tandan kurma yang menjuntai di atas pohon kurma tersebut.

Pohon kurma yang ditanam di era Walikota H Muhidin tahun 2012 dengan anggaran untuk penanaman pohon kurma senilai Rp25 juta untuk empat pohon, satu tak hidup dan tinggal 3 pohon.

Namun, yang berbuah itu terletak di samping pintu keluar balaikota. Dan, Kamis (22/9), seorang PNS Pemko, Arbain langsung melakukan pemeriksaan.

Bahkan saat naik dengan tangga, dia memetik beberapa biji untuk diperlihatkan termasuk wartawan yang langsung mengabadikan. Staf Humas Setdako Banjarmasin itu lalu mempersilahkan beberapa anggota Satpol PP dan awak media yang ngepos di Pemko untuk mencicipinya.

Malah, Abay, sapaan akrab Arbain sendiri mengaku sudah beberapa hari ini memperhatikan pohon tersebut. Namun baru sekarang kesampaian untuk memeriksanya, karena selain pohonnya tinggi tak ada tangga dan baru kali ini meminjam tangga yang akan dipasang tenda untuk peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin.

Buah kurma sendiri juga sempat diperlihatkan awak media ke Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina usai Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Banjarmasin.

Politisi PKS ini juga sempat memeriksa buah tersebut. Dia sedikit mengupas dengan jarinya untuk melihat isinya. Namun dia tak sampai mencicipi kurma tersebut.

Mantan anggota DPRD Kota Banjarmasin ini menganggap buah kurma adalah berkah.

Jadi berbuahnya pohon kurma yang ada di depan halaman balaikota itu diharapkan menjadi tanda keberkahan untuk Kota Banjarmasin.

“Kurma ini buah yang penuh berkah. Mudah-mudahan dengan berbuahnya pohon kurma itu menjadi tanda berkahnya kota kita menjelang hari jadi ini,’’ demikian Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina. (vin/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua