Menkes Terkesan Pelestarian Pangan PKK Kalsel

ditulis pada 24 Juli 2017

Menkes Dr Nila FM terpesona saat berkunjung ke Kebun Sayur mayur, buah dan tanaman obat keluarga binaan PKK Kabupaten Tanbu dan PKK Kalsel, di Desa Batulicin Irigasi Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu.

Batulicin, KP – Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Prof Dr Hj Nila Djuwita F Moeloek mengungkapkan, apresiasi terhadap program sinergi PKK Kalsel dalam mendukung program peningkatan derajat kesehatan masyarakat, melalui pelestarian tanaman pangan lestari.

“Tadi saya sangat terkesan dengan pelestarian tanaman sayur mayur dan buah di Desa Batulicin Irigasi, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanbu. Hampir semua masyarakat desa di sana pekarangan halamannya ditanami sayur dan buah,’’ ucap Menkes, saat memberikan sambutan pada acara Memperingati HUT Satuan Kerja Bakti Husada ke 32 Tingkat Nasional di Pantai Pagatan Tanah Bumbu, Provinsi Kalsel, Minggu (23/7).

Menurut Menkes, program PKK Kalsel bekerja sama TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu dalam pelestarian tanaman pangan keluarga, merupakan cerminan dari terukurnya kinerja dan sinergitas program.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan, sangat mendukung upaya pelestarian pangan keluarga sebagai bagian dari keterpaduan program peningkatan derajat kesehatan masyarakat, melalui gerakan masyarakat hidup sehat.

“Sekali Lagi kami mengapresiasi dukungan pemerintah daerah, terhadap program nasional Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,’’ ucapnya.

Menkes juga berharap, hasil kebun pangan masyarakat agar lebih mendapat perhatian dari pemerintah daerah.

Caranya, dengan memberikan pelatihan pemanfaatan hasil pangan agar lebih bernilai ekonomis.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor di dampingi Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah mengungkapkan, kebahagiaan dan penghargaan atas kunjungan Menkes RI dan rombongan di Banua.

Gubernur mengatakan, upaya peningkatan derajat kesehatan merupakan salah satu prioritas utama daerah yang dipimpinnya.

Selain tertuang dalam visi daerah, juga masalah kesehatan adalah kebutuhan dasar masyarakat yang harus ditingkatkan.

Berkaitan dengan Peringatan HUT Satuan Kerja Bakti Husada ke 32, gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini berpesan, agar generasi muda yang tergabung dalam Gerakan Pramuka bisa menjadi pelopor pembangunan.

Bupati Tanbu, Mardani H Maming mengucapkan, terima kasih kepada Menkes RI dan gubernur Kalsel dan jajaran, atas berkenannya datang dan memilih Tanbu sebagai daerah tempat penyelenggara HUT Saka Bakti Husada ke 32 Tahun 2017 ini.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kalsel H Muslim menambahkan, bersama Dinas Kesehatan kabupaten/kota, pihaknya terus mengeluarkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat melalui program kesehatan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. (humpro/mns/K-2)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.