• Hari ini : Selasa, 23 Januari 2018

Menteri PUPR Apresiasi Melingai Juara Nasional

Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono, berkesempatan berfoto bersama dengan anggota Melingai Kota Banjarmasin, yang berhasil keluar sebagai juara pertama lomba masyarakat peduli sungai.
Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono, berkesempatan berfoto bersama dengan anggota Melingai Kota Banjarmasin, yang berhasil keluar sebagai juara pertama lomba masyarakat peduli sungai.

Banjarmasin,  KP – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat DR. Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono M.Sc, mengapresiasi keberadaan Masyarakat Peduli Sungai (Melingai) Kota Banjarmasin, yang berhasil keluar sebagai juara pertama lomba masyarakat peduli sungai yang diselenggarakan kementeriannya.

“Teruskan kerja kalian, dan kalian sudah berhasil mengajak warga untuk menciptakan lingkungan yang bersih, khususnya sungai, itu sesuatu yang perlu memperoleh dukungan,’’ katanya, saat berbincang dengan anggota Melingai, di Jakarta, saat peringatan Hari Bhakti PU, Sabtu (3/12).

Menteri PUPR yang sedikit-sedikit pandai berbahasa Banjar, lantaran pernah tinggal di kawasan Kacapiring Banjarmasin itu, mendatangi sendiri enam orang anggota Melingai yang berada jauh dari lokasi upacara.

Ketertarikan Menteri PUPR terhadap anggota Melingai tersebut, menjadi perhatian banyak orang di lokasi peringatan Hari Bakti PU itu, rupanya menteri tertarik dengan topi kuning yang dikenakan anggota Melingai, dan atribut yang dikenakan berupa wadah ramah lingkungan non plastik yang disebut “butah.” “Kalian dari mana,’’ tanya Menteri PUPR.

“Kami dari anggota Melingai Banjarmasin pak,’’ kata anggota Melingai Hasan Zainuddin.

“Oh Banjarmasin, saya pernah tinggal di Kacapiring,’’ katanya, seraya merangkul beberapa anggota melingai sekaligus mengajak foto bersama di hadapan kantor PUPR di kawasan  Jakarta Selatan.

Saat itu dia berperan dalam upaya menjaga pelesrtarian lingkungan tak bisa hanya mengandalkan peran pemerintah, tetapi yang utama adalah keterlibatan seluruh masyarakat, makanya kelompok masyarakat yang berorientasi pelestarian lingkungan seperti Melingai ini perlu ditumbuhkembangkan.

Piala penghargaan Melingai sebagai juara nasional diserahkan Menteri PUPR saat hari bakti PU, bersama juara dua Forum Komunikasi Winongo Asri Jogakarta dan juara III Peguyuban Pengendali dan Penanganan Air Pasang Panggung Kota Semarang.

Juara IV Ekoling Jawa Barat, Juara V Joko Kali Jawa Timur dan Juara VI Masyarakat Peduli Sungai Batu Bulan, Maluku. Dengan keberthasilan tersebut, Melingai Memperoleh hadiah Berupa Kendaraan Roda Tiga Tosa dan alat pengeras suara atau sound sistem.

Berdasarkan keterangan, sebelum dinobatkan sebagai juara nasional Melingai masuk nominasi enam besar dan berada di peringkat keempat, tetapi dalam penilaian akhir berhasil menjadi juara pertama, karena Melingai organisasi masyarakat yang bekerja tanpa dukungan siapapun.

Selain itu, Melingai secara pelan-pelan berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat di beberapa lokasi untuk selalu membersihkan sungai, sekaligus membentuk pemangku-pemangku sungai.

Setibanya dari Jakarta, rombongan Melingai juga memperoleh sambungan hangat Gubernur Kalsel Paman Birin, yang kala itu mengajak foto bersama dengan para anggota sekaligus berpesan Melingai tetap berperan sebagai ujung tombak pemeliharaan sungai di wilayah ini. (vin/K-2)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua