• Hari ini : Jumat, 19 Oktober 2018

Meriahkan HPS 2018, Pemprov Kalsel Gelar Lomba

Kadis Perkebunan dan Peternakan Kalsel (kanan) saat memberikan keterangan terkait rencana lomba untuk memeriahkan HPS. Dan juga Sekdaprov saat memimpin rapat persiapan HPS.

Banjarbaru, KP – Menjelang Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018, Pemprov Kalsel melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan menggelar berbagai lomba, seperti lomba makan telur dan minum susu untuk anak-anak SD, serta demo masak yang akan dipandu koki professional dari beberapa hotel ternama.

Selain berbagai lomba, Dinas Perkebunan dan Peternakan tengah membanggun 2 sub sektor lahan di Kampung Pertanian Terpadu (KPT), yakni Kampung Peternakan dan Kampung Perkebunan, dengan luas masing-masing sektor sekitar 1/4 hektar.

Menurut Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, drh. Suparmi, Selasa (9/10), melalui Kampung Perkebunan diupayakan untuk mengenalkan kepada masyarakat ataupun petani mengenai sistem integrasi tanaman karet dengan tumpang sari ganda.

Metode ini, jelas Suparmi, biasanya digunakan sebagai antisipasi saat harga karet menurun. Sehingga meningkatkan produktifitas serta penghasilan petani dengan menanam tanaman lain di celah kebun karet.

Selain kebun karet, Kampung Perkebunan juga ditanami beragam hasil perkebunan yang menonjol di Kalsel, seperti kelapa sawit, kelapa dalam, kakao, kopi, tanaman rempah, serta beragam tanaman hijau untuk pakan ternak.

Untuk kampung peternakan sendiri, Dinas Perkebunan dan Peternakan mengisinya dengan beragam hewan ternak, seperti sapi Bali, sapi limosin, kerbau rawa, kambing etawa, ayam petelur, ayam murung panggang dan kayer, itik Alabiu, burung puyuh, burung belibis dan hewan lain seperti kelinci. (humpro/mns/K-2)

loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua